8 Tips Aman dan Nyaman Mudik dengan Kendaraan Umum

Bandung - Enggak terasa ya TemanBaik, sekitar dua pekan lagi kita akan menjumpai Hari Raya Idul Fitri. Gimana nih persiapan mudik kamu? Pakai kendaraan pribadi atau transportasi umum? Buat TemanBaik yang pakai kendaraan umum, biar perjalanan mudik kamu tetap nyaman dan aman, perhatikan tipsnya berikut ya!

Bawa Barang Secukupnya

Persiapkan mudik dengan perencanaan yang matang, mulai dari menentukan transportasi umum yang hendak digunakan, memesan tiket dan barang yang akan kamu bawa. Karena kamu menggunakan transportasi umum, hindari membawa banyak barang bawaan ya, mengingat kapasitas bagasi yang kerap dibatasi. Jadi, usahakan bawa barang secukupnya.

Siapkan Uang Tunai

Non tunai memang menjadi gaya hidup saat ini, tapi kamu tetap perlu membawa uang tunai ya. Hanya saja jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Persiapkan uang secukupnya dengan mempertimbangkan kemungkinan apa saja yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti uang kecil untuk membayar toilet umum dan lainnya. Hal ini juga untuk mengatinsipasi saat kamu kesulitan menemukan ATM.

Jangan Simpan Uang di Satu Tempat

Ada trik nih untuk menyimpan uang tunai kamu saat mudik. Hindari menyimpan uang dalam satu tempat ya! Simpan uang yang kamu bawa secara tersebar, seperti di saku celana, kantong pada tas, dan di dompet. Hal ini untuk mempermudah kamu mendapatkan uang ketika tiba-tiba membutuhkannya. 

Berpenampilan Biasa Saja

Saat mudik dengan kendaraan umum, jangan mengundang perhatian dengan mengenakan perhiasan yang berlebihan. Soalnya hal ini bisa mengundang aksi kriminal. Pakai perhiasan seminimal mungkin, gunakan pakaian serta dandanan yang secukupnya. 

Bawa Bekal Sendiri

Untuk mengantisipasi kamu berbuka atau bahkan sahur di perjalanan, jangan lupa untuk membekal makanan dan minuman. Kamu juga sebaiknya membawa obat-obatan pribadi dan baju hangat sebagai antisipasi.

Persiapan Fisik

Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat ya saat hendak melakukan mudik. Konsumsi makanan yang bergizi. Jangan lupa untuk memerhatikan waktu istirahat, kamu harus tidur dengan jumlah yang cukup. Karena meski di perjalanan kamu bisa tidur, pastinya tidak akan senyaman tidur di kasur. 

Jaga Diri

Selama mudik dengan kendaraan umum kamu harus tetap menjaga diri dan senantiasa waspada ya. Hati-hati pada orang yang baru kamu kenal dan jangan mudah tergiur oleh pemberian orang seperti makanan atau minuman. 

Jauhi Tempat Sepi

Saat harus transit dan menunggu kendaraan umum lain membawa kamu ke tempat tujuan, atau saat menunggu keluarga menjemput usahakan untuk berada di tempat yang ramai ya. Jangan menunggu di tempat yang sepi dan gelap, terlebih jika kamu mudik seorang diri. Perhatikan juga barang bawaan ya, jangan sampai ada yang tertinggal. 

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler