Peserta BPJS Bebas Berobat di Mana Saja Saat Mudik Lebaran

Bandung - Kabar gembira nih buat TemanBaik peserta jaminan kesehatan, soalnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan tetap memberikan pelayanan pada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama libur lebaran di berbagai tempat.

Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei-13 Juni 2019 peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota juga dapat berobat dengan mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. 

Namun jika ada FKTP yang tidak dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. Tentunya selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Maka akan dilayani dan diberi tindakan berdasarkan indikasi medis.

BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS. Di Kantor Cabang, Kantor Kabupaten/Kota Pulau Jawa, dan beberapa Kantor Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa. Layanan khusus bagi peserta JKN-KIS disediakan mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00-12.00 waktu setempat.

Selain di kantor cabang, selama masa libur Lebaran juga akan dibuka layanan khusus di rumah sakit melalui Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit. Meliputi pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri, perhitungan denda layanan, dan penanganan pengaduan.

Masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi selama 24 jam termasuk pada hari libur. Sehingga peserta BPJS Kesehatan dapat memperoleh informasi atau hendak menyampaikan pengaduan. 

Oh ya selain itu, tahun ini BPJS Kesehatan kembali hadir menemani masa mudik TemanBaik di beberapa lokasi loh. Kamu bisa menemukannya di area peristirahatan alias rest area Tol Cikampek Kilometer 57, Tol Purwakarta Kilometer 88 dan Tol Ungaran Kilometer 429. 

Ada juga di Pelabuhan Merak, Banten, Pelabuhan Gilimanuk, Bali dan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar serta Terminal Pulo Gebang, Jakarta dan Terminal Purabaya (Bungurashi), Sidoarjo. Jangan lupa untuk selalu membawa JKN-KIN, ke mana kamu pergi dan pastikan kartu kepersetaan aktif ya. 

Layanan ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. Oleh sebab itu, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler