Aksi Ignasius Jonan Saat Pantau SPBU Tengah Malam

Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tengah malam hingga dini hari mengunjungi beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur mudik Semarang hingga Jakarta. Apa sih yang dilakukan Jonan?

Bersama Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Rida Mulyana dan Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid, Jonan ingin memastikan pasokan dan layanan BBM berjalan lancar. Sebab, arus balik masih terus berjalan kini.

"Kita lihat malam hari operasinya bagus atau tidak. Kita juga antisipasi mungkin 5 persen, 10 persen, hingga maksimal 15 persen dari pemudik yang belum kembali itu kemungkinan akan kembali hari Kamis, Jumat, Sabtu, karena banyak kegiatan yang swasta yang baru kegiatan penuh mulai minggu depan. Ini kita lihat persiapannya terakhir, karena (arus mudik dan balik) hampir dua minggu," kata Jonan di laman resmi Kementerian ESDM

Di setiap SPBU yang didatangi, Jonan menyapa warga yang mengisi BBM. Para petugas di SPBU juga tak lepas dari sapaannya. Di SPBU KM 360 contohnya, Jonan sempat bertemu pemudik dari Gresik yang akan kembali ke Aceh.

Ia pun tercengang mendengar jawaban sang pemudik karena jarak yang harus ditempuh sangat jauh. Jonan kemudian berpesan sang pemudik untuk hati-hati selama menempuh perjalanan.

Baca Ini Juga Yuk: Jonan Raih Penghargaan Tokoh Energi Berkeadilan Untuk Rakyat

Jonan juga melakukan aksi unik loh, TemanBaik. Di SPBU KM 260 Brebes, ia menjadi petugas SPBU dadakan. Ia mengisi BBM salah satu mobil milik pemudik. Sementara untuk konsumsi BBM selama arus mudik dan balin, terjadi kenaikan cukup signifikan. Sebab, jumlah pemudik cukup banyak.

"Kalau konsumsi menurut Pertamina selama operasi Lebaran untuk gasoline atau bensin based itu naik kira-kira hampir 11 persen. Tapi kalau penggunaan solar turun sekitar 22 persen karena ada pembatasan di mana truk tidak boleh lewat kecuali truk untuk BBM dan sembako," jelas Jonan.

Ia pun mengapresiasi upaya Pertamina dalam penyediaan kebutuhan BBM selama masa libur Idulfitri 2019. Bahkan, yang dilakukan Pertamina saat ini jauh lebih baik dibanding tahun lalu.

"Untuk operasi Pertamina saat ini menurut saya jauh lebih baik dibanding operasi Lebaran tahun 2018 atau 1439 H. Kalau sekarang ini persiapannya luar biasa. SPBU-SPBU di dalam tol ini sudah banyak yang siap dan sudah beroperasi. Tahun lalu masih banyak yang pakai dispenser portable," jelas Jonan.

Sementara karena masa arus balik belum selesai, SPBU di jalur-jalur tertentu tetap disiagakan 24 jam. Bahkan, layanan tambahan juga tetap siaga seperti SPBU Modular, Kios Pertamina Siaga, dan Motoris BBM.

"Semua kami siagakan hingga arus balik selesai dengan terus berkoordinasi dengan kepolisian, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan pihak lainnya," ucap Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid.

Foto: dokumentasi Kementerian ESDM

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler