Syamsuri Ungkap Trik dan Cita-cita Usai Juarai MTQ Internasional

Bandung - TemanBaik sudah tahu dengan sosok Syamsuri Firdaus? Jika belum tahu, kita kasih tahu nih. Syamsuri merupakan juara I MTQ Internasional ke-7 di Turki beberapa waktu lalu.

Jelas tidak mudah untuk mengikuti lomba MTQ tingkat internasional. Tapi, ada trik khusus yang diberikan Firdaus jika TemanBaik ingin mengikutinya. "Bedanya qori kita dengan qori dari negara lain, qori kita bisa suara tinggi. Maka, itu yang diperdalam," kata Syamsuri di laman resmi Kementerian Agama.

Pencapaian yang didapat Syamsuri itu cukup mengejutkan. Di tengah hiruk-pikuk dunia politik Tanah Air yang masih hangat, Syamsuri tiba-tiba muncul memberi kabar gembira dan membanggakan Indonesia. Ia jadi juara MTQ Internasional. Hal itu jelas satu pencapaian prestisius karena ia harus 'bertarung' dengan para qori dari berbagai negara.

Atas pencapaiannya itu, Syamsuri berharap ada sisi positif yang bisa diambil hikmahnya oleh masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim. Ia berharap semakin banyak umat muslim di Indonesia yang belajar Alquran. "Saya berharap kita selalu meningkatkan pembelajaran tentang Alquran. Karena bersama Alquran hidup kita menjadi lebih berkah," tuturnya.


Sementara di luar pencapaiannya, Syamsuri ternyata menyimpan cita-cita besar loh, TemanBaik. Tapi, jika cita-citanya terwujud, hal itu akan bermanfaat besar untuk orang lain. Apa cita-citanya? "Saya ingin bangun TPQ sendiri," kata Syamsuri di laman resmi Kementerian Agama.

Dengan membangun TPQ alias Tempat Pendidikan Quran, ia berharap bisa mencetak anak-anak yang bisa membaca Alquran dengan baik. Sebab, Alquran merupakan tuntutan bagi umat Islam untuk menjalani kehidupan.

Cita-cita Syamsuri itu sejalan dengan harapan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Pembinaan dan pendidikan Alquran di Indonesia harus semakin ditingkatkan.

"Capaian Syamsuri hari ini adalah berkat jasa para guru-guru. Maka, sekarang kita punya kewajiban untuk mengkader agar adik-adik kita dapat melanjutkan raihan prestasi para seniornya," tutur Lukman.

Ia juga berharap pencapaian Syamsuri sebagai juara I MTQ Internasional memicu semangat umat muslim di Indonesia. Apalagi, Syamsuri merupakan peserta termuda di ajang bergengsi tersebut.

"Apa yang diraih saudara Syamsuri saya harap dapat memotivasi dan menginspirasi kita semua untuk lebih kenal, dekat, dan lebih memperdalam Alquran," ungkap Lukman.

Foto: Syamsuri Firdaus saat bertemu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (dokumentasi Kementerian Agama)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler