Ikut Bantu Bencana Banjir di Sulawesi dan Kalimantan

Bandung - Mulai memasuki musim penghujan, beberapa pulau di Indonesia tengah dilanda banjir bandang loh TemanBaik. Meski mengalami kekeringan di sejumlah daerah, BMKG justru meramalkan, sebagian wilayah Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi bakal terjadi hujan lebat yang berpotensi bencana hingga puncaknya pada 15 Juni. 

Beberapa wilayah Indonesia yang saat ini masih mengalami banjir, diantaranya di Desa Raja, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, dan  Samarinda. 

Enggak mau tinggal diam, Rumah Zakat Action yang merupakan unit kebencanaan Rumah Zakat mulai mengajak masyarakat dan relawan untuk membantu para korban banjir. 

"Jangan menunggu lama, Rumah Zakat mengajak masyarakat Indonesia untuk segera menolong saudara kita yang di Soppeng, Konawe hingga Kalimantan Barat.selain bahan makanan, mereka juga butuh pakaian dan selimut karena semua harta benda sudah terhempas banjir," ujar Chief of Program Officer Murni Alit Baginda, Jumat (14/6/2019) di Bandung.

Lanjut dia, Rumah Zakat Action juga langsung menugaskan relawan untuk melakukan proses evakuasi dan menyalurkan berbagai bantuan untuk korban di Ngabang Kalimantan Barat. Kalau melihat perkembangannya sih, daerah ini kondisinya masih parah loh. 

Selain evakuasi, lembaga penghimpun zakat ini juga menyalurkan ratusan paket Superqurban dan sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan warga selama di pengungsian. 

"Karena kondisinya masih terendam, kita juga menyediakan satu unit ambulance dan perahu karet yang digunakan untuk proses evakuasi dan mobilisasi warga. Setelah beberapa hari di tenda pengungsian, banyak warga yang kondisi kesehatannya terganggu. Sebagai langkah antispasi, relawan kesehatan harus siaga di lokasi," bebernya.

Murni juga menyebutkan, menurut Informasi BNPB,saat ini masih banyak desa yang masih terisolir. Proses evakuasi memerlukan banyak tenaga relawan, karena derasnya aliran air dan akses jalan menuju lokasi. Kondisi ini masih terjadi di Konawe Utara dan Kabupaten Landak. 

"Insya Allah Rumah Zakat akan terus concern untuk menggalakkan Aksi Peduli Bencana Nasional. Enggak hanya materi, mereka juga butuh bantuan tenaga relawan buat proses evakuasi dan siaga kesehatan di lokasi pengungsian," pungkasnya.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler