Kementerian PUPR Ajak Generasi Milenial Aktif di Aplikasi SIMANTU

Sebanyak 40 orang anak muda dari generasi milenial yang berasal dari CPNS PUPR memberikan kontribusi dan saran terhadap keberadaan Aplikasi Sistem Manajemen Pengetahuan alias SIMANTU. Kegiatan itu dilakukan dalam Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pemanfaatan SIMANTU yang dilaksanakan di Ruang Rapat Ampera BPDSM, Jumat (28/06/2019).

SIMANTU sendiri adalah wadah atau pustaka Kementerian PUPR yang berisi ilmu pengetahuan di bidang PUPR, untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia. Aplikasi Simantu juga telah terintegrasi dengan E-HRM dan E-Pelatihan sehingga pegawai PUPR dapat lebih mudah mengakses aplikasi ini.

Dalam FGD tersebut, CPNS dari BPSDM Muhammad Faishal Ilham dan Khalil Mojadidi mempresentasikan aplikasi SIMANTU termasuk cara penggunaannya. Ia juga memberi saran terhadap konten SIMANTU.

"Kami generasi baru di PUPR, awal masuk ke PUPR, pasti sangat memerlukan pengetahuan dasar mengenai PUPR. Untuk itu kami menyarankan juga ada kamus/glossary yang mempermudah untuk memahami istilah-istilah dalam bidang PUPR. Selain itu, kami menginginkan adanya karya tulis ilmiah terbaik atau pemenang dari Lomba Karya Tulis dari pegawai PUPR untuk di-sharing dalam SIMANTU," ujar Rahmi Fadillah Busyra dari BPIW.

Baca Ini Juga Yuk: Serba-serbi Infrastruktur di Aplikasi Simantu Bikinan PUPR

Diandra dari Balitbang juga mengapresiasi keberadaan SIMANTU dan meminta akan melakukan riset untuk pengembangannya. Terkait dengan pemanfaatan oleh generasi milenial, Riyandi Eko Pambudi dari Sekretariat Jenderal memberi masukan agar SIMANTU fokus pada generasi milenial dengan lebih banyak mengisi pada konten-konten yang diperlukan generasi milenial.

Akrifa Nindya Damayana dari BPIW juga menyarankan agar buku-buku yang ada di perpustakaan Kementerian PUPR turut dibagikan di SIMANTU. Kemudian Yusron dari Ditjen Sumber Daya Air menanyakan terkait pengisian artikel di SIMANTU dapat menjadi salah satu poin untuk angka kredit jabatan fungsional.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR Lolly Martina Martief mengatakan sejak diresmikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu, SIMANTU sudah diakses lebih dari 13.000 pengunjung. Hal ini dikarenakan keberadaan SIMANTU sangat membantu dalam mengakses informasi maupun pengetahuan baru di Kementerian PUPR.

"Karena hanya dengan menggunakan NIP, ASN sudah bisa melihat dinamika perkembangan infrastruktur yang merupakan kontribusi dari Ditjen-Ditjen dan Badan-Badan," ujarnya beberapa pekan lalu di Jakarta. Selain informasi pembangunan infrastruktur, lanjut Lolly, peraturan-peraturan terkini juga bisa dibaca lewat SIMANTU.

"Daripada browsing google per item, buka SIMANTU sudah bisa mendapatkan pengetahuan. Dan ini digemari oleh para CPNS, karena bisa mendahului pengetahuannya sebelum mereka ditempatkan," papar Lolly Martina.

Foto: pu.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler