Lakukan Ini Jika Ada Hewan Buas Berkeliaran di Pemukiman Warga

Bandung - TemanBaik, pernah membayangkan enggak jika ada hewan buas masuk ke pemukimanmu? Hal seperti itu sudah cukup sering terjadi loh di berbagai daerah.

Di salah satu daerah di Subang, Jawa Barat, misalnya, belum lama ini terdapat macan kumbang liar yang masuk ke pemukiman warga. Bahkan, seorang perempuan sampai dicakar kepalanya dan harus mendapat jahitan. Ngeri kan? Tapi, hewan itu akhirnya berhasil ditangkap Tim Rescue Kebun Binatang Bandung.

Berkaca dari kejadian itu, kamu juga perlu waspada loh. Sebab, kejadian serupa bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bukan hanya Macan Kumbang, bisa saja tiba-tiba di sekitar rumahmu ada hewan liar seperti ular, rusa, tawon, atau hewan lainnya.

Langkah paling tepat yang harus dilakukan adalah menyelamatkan diri ke tempat aman. Segeralah menjauh dari lokasi. Selanjutnya, segeralah melapor.

"Laporkan ke aparat setempat (pihak kelurahan, kecamatan, kepolisian, atau TNI). Atau bisa juga langsung melapor ke BKSDA setempat," kata Ketua Tim Rescue Kebun Binatang Bandung Heri Hermawan kepada BeritaBaik.id.

Setelah melapor, biasanya dari pihak BKSDA yang akan melakukan evakuasi terhadap hewan tersebut. Kadang, evakuasi juga dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran yang cukup terampil menghadapi hewan liar.

TemanBaik jangan sembarangan deh untuk menangkap hewan liar tersebut. Apalagi jika kamu tidak punya kemampuan untuk menanganinya.

Hindari juga mengepung hewan liar yang sedang berkeliaran di sekitarmu. Apalagi jika dilakukan ramai-ramai oleh warga. Hal seperti itu justru menimbulkan risiko besar loh.

"Hewan jika seperti itu (dikepung warga) akan stres. Dia akan menyerang, bukan untuk melukai, tapi itu sebagai upaya dia untuk menyelamatkan atau melindungi diri," jelas Heri.

Intinya, jika ada hewan liar di sekitarmu, biarkan petugas atau ahlinya yang menangani. Kamu enggak mau kan jadi korban akibat kecerobohanmu mengatasi hewan liar tesebut?

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler