Ada Pungli di Jabar? Laporkan Saja Secara Digital ke Siberli!

Bandung - TemanBaik di Jawa Barat ada yang masih menemukan pungli alias pungutan liar dalam pelayanan publik? Jika ada, sebaiknya kamu segera melapor ya agar hal serupa enggak terus terjadi.

Enggak perlu ribet datang ke instansi tertentu untuk melapor. Sebab, kini ada kemudahan yang dihadirkan. Pelapor bisa melaporkan adanya pungli secara digital ke laman www.siberli.jabarprov.go.id.

Program pelaporan digital bernama Siberli atau Sistem Informasi Sapu Bersih Pungli yang dibuat Tim Saber Pungli Jawa Barat ini diluncurkan di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (5/7/2019). Peluncurannya dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama para pejabat terkait.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan sistem itu dibuat untuk memudahkan warga melaporkan adanya pungli. Pelaporan secara digital itu juga dibuat agar Tim Saber Pungli bisa membuat data statistik terkait pungli.

Selain itu, Siberli dibuat sebagai bentuk transparansi kepada publik. Sebab, progres penanganan pelaporan pungli bisa dipantau langsung oleh publik melalui Siberli.

"Jadi saya minta mulai sekarang masyarakat proaktif memonitor pelayanan publik. Kalau ada pungli, laporkan dengan cepat, dengan segera," kata Emil.

Baca Ini Juga Yuk: Alumni Sekoper Cinta Bakal Direkrut Perusahaan Berbasis Digital

Enggak perlu khawatir menjadi pelapor. Sebab, identitas TemanBaik akan ditutup rapat. Tapi, pelaporan yang ada pasti akan ditindaklanjuti. Jika ternyata terbukti ada pungli dan masuk ranah pelanggaran administratif, selanjutnya akan ditangani Inspektorat. Sedangkan jika terbukti masuk ranah pidana, selanjutnya pelaporan akan ditangani kepolisian dan instansi terkait lainnya.

"Identitas pelapor itu SOP-nya pasti dirahasiakan, tidak dipublikasikan, yang tahu hanya Tim Saber Pungli saja," ungkap Emil.

Tapi, sebaiknya pelaporan kamu disertai berbagai bukti ya, bisa berupa foto, video, rekaman, atau bukti terkait lainnya. Dengan begitu, Tim Saber Pungli akan lebih mudah menindaklanjuti pelaporan. Tim Saber Pungli sendiri akan menangani pelaporan maksimal dalam kurun 20 hari.

Emil mengatakan, tujuan besar dibuatnya Siberli adalah untuk menghilangkan pungli dalam pelayanan publik. Hadirnya Siberli juga sejalan dengan visi yang ingin dibangun Emil di Jawa Barat.

"Mudah-mudahan interaksi digital sejalan dengan visi Jawa Barat sebagai provinsi digital," ucap Emil.

Foto: peluncuran Siberli di halaman Gedung Sate, Kota Bandung


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler