Cara Uu Ruzhanul Didik Anak-anaknya Agar Terhindar dari Narkoba

Bandung - TemanBaik tahu dengan sosok Uu Ruzhanul Ulum? Ia saat ini merupakan Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebelum menjadi Wakil Gubernur, ia adalah Bupati Tasikmalaya yang terpilih sebanyak dua kali.

Meski punya jabatan tinggi, ia tetap menjalankan perannya sebagai ayah dari tiga anaknya. Salah satu yang jadi konsentrasinya di keluarga adalah mendidik agar anak-anaknya tidak terjerat narkoba. Ia mengobarkan bendera 'perang' terhadap barang haram tersebut.

Baginya, pendidikan bagi anak-anak adalah hal yang sangat penting. Sehingga, ia selalu memberi dukungan penuh terhadap segala hal berkaitan dengan pendidikan.

Tapi, ada satu hal yang dianggap jauh lebih penting dari pendidikan formal, yaitu pendidikan agama. Sebagai orang berlatarbelakang ustaz, ia selalu menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam mendidik anak-anaknya.

Baginya, anak-anak harus memiliki pondasi agama yang kuat. Sebab, cara itu akan membuat mereka memiliki 'pagar' kuat dalam menjalani kehidupan. Mereka diyakini tidak akan terjerumus ke dalam kehidupan kelam, salah satunya narkoba.

Baca Ini Juga Yuk: Ikut Aktif Perangi Narkoba dengan Cara Ini Yuk!

"Kalau keimanan dan ketakwaannya sudah hebat, ilmu agamanya kuat, insya Allah itu akan menjaga mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua," ujar Uu saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Tak ada kata lain bagi Uu di keluarganya selain perang terhadap narkoba. Sebab, narkoba bisa berujung rusaknya kesehatan hingga masa depan. Hasil pendidikan agama di keluarganya pun berdampak positif. Anak-anaknya terhindar dari narkoba.

"Kalau hanya diberikan sanksi tanpa diberikan pendidikan ilmu agama, mereka bisa berpaling saat kita tidak ada, mereka bisa memanfaatkan kesempatan," tutur Uu.

Ia pun berharap pendidikan serupa diterapkan para orangtua di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Jangan hanya memikirkan pendidikan formal. Imbangi pendidikan anak dengan pengetahuan agama yang kuat.

"Saya berharap kepada orangtua, disamping pendidikan duniawi yang diberikan kepada anak-anak, pendidikan ukhrowi (agama) pun jangan ditinggalkan untuk menjaga kepribadian mereka," pungkas Uu.


Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler