Perkembangan Terbaru Gunung Tangkuban Parahu

TemanBaik sudah tahu kan pada Jumat (26/7/2019) sore terjadi erupsi di Gunung Tangkuban Parahu? Gunung yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang, Jawa Barat, itu mengeluarkan kolom abu setinggi 200 meter.

Informasi seputar Gunung Tangkuban Parahu pun banyak dinantikan masyarakat. Sebab, Tangkuban Parahu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Mau tahu perkembangan terbarunya?

Dari hasil pemantauan tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tadi malam, kondisinya cukup positif. Erupsi sudah menurun, hembusan kolom abu pun sudah berubah warna dari kelabu menjadi putih.

"Artinya kalau (kolom abu berwarna) putih itu bahwa material yang dikeluarkan sekarang itu hanya dominan gas dan uap air, tidak terdeteksi ada batuan yang terbawa ke permukaan" kata Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia Haerani.

Dari segi kegempaan vulkanik juga mengalami penurunan signifikan. Itu berbeda jauh dibandingkan saat terjadinya erupsi. Meski begitu, PVMBG merekomendasikan agar TemanBaik tidak mengunjungi dulu Tangkuban Parahu.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang berminat untuk mengunjungi Tangkuban Parahu agar ditunda dulu sampai kondisi benar-benar aman, dan ikuti terus perkembangan dari kami," tutur Nia.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, PVMBG menaikkan jarak yang harus disterilkan dari keberadaan manusia sejauh 500 meter menjadi 2 kilometer dari pusat Kawah Ratu. Meski begitu, status Tangkuban Parahu masih Level I alias Normal kok.

PVMBG sendiri melakukan pemantauan selama 24 jam terhadap Tangkuban Parahu. Segala informasi terbaru pun akan segera disampaikan ke masyarakat. Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu menakutkan terkait Tangkuban Parahu dari pihak tak bertanggung jawab.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler