Mengenal Domba Batur, Beratnya Bisa Capai 100 Kilogram Loh!

Banjarnegara - Menjelang Iduladha, pembahasan seputar hewan kurban cukup menarik kan, TemanBaik? Salah satu hewan kurban yang umum disembelih saat Iduladha adalah domba. Dari sekian banyak jenis domba, ada salah satu yang istimewa, yaitu Domba Batur.

Domba Batur adalah dombas khas dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Salah satu ciri khas yang mudah dilihat adalah tubuh lebih besar dari domba biasa dan memiliki bulu tebal.

Saking besarnya, beratnya bisa mencapai 100 kilogram loh! Untuk ukuran domba, berat ini tergolong luar biasa. Sebab, rata-rata domba hanya puluhan kilogram beratnya. Kenapa sih Domba Batur punya berat yang istimewa?

Itu karena Domba Batur pemberian pakannya dua kali lipat dibanding domba biasa. Sebab, nafsu makannya cukup besar. Manfaatnya, pemberian pakan seperti itu membuat Domba Batur cepat gemuk. Bahkan, jika ingin dikembangbiakkan, Domba Batur tergolong mudah.

Pangsa pasar Domba Batur pun sangat menjanjikan loh, TemanBaik. Panut Sambodo, peternak Domba Batur asal Dieng Kulon, mengungkap bagaimana manisnya berbisnis domba tersebut.

"Pasarnya gampang sekali. Sebulan paling tidak saya bisa menjual 40 ekor dan itu pun saya tidak serng ke pasar (hewan). Pembeli berdatangan cukup dengan telepon," kata Panut di laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Bahkan, baru-baru ini ia baru saja menjual 200 ekor domba. Dari jumlah itu, satu ekor memiliki berat 100 kilogram dan dijual dengan harga Rp20 juta. Sedangkan 199 ekor lainnya dijual rata-rata 3 juta karena beratnya tergolong standar.

Jika TemanBaik tertarik ingin berbisnis atau beternak Domba Batur, peluangnya terbuka lebar kok. Apalagi, Domba Batur memiliki daya adaptasi yang mudah terhadap lingkungan, khususnya daerah dingin.

Dagingnya juga memiliki tekstur lebih empuk dan kadar lemaknya rendah. Kotorannya juga bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi pupuk atau diolah menjadi biogas.

Pemkab Banjarnegara sendiri saat ini sedang gencar mengembangkan Domba Batur. Salah satunya membentuk UPTD yang menangani pembibitannya. Sosialisasi dan pengenalan Domba Batur pun terus dilakukan, salah satunya dengan menggelar Festival Domba Batur.

Foto: Festival Domba Batur (dokumentasi Humas Pemprov Jawa Tengah)
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler