Keren! Bakal Ada Roof Garden di Rumah Dinas Gubernur Sumsel

Palembang - Rumah Dinas Gubernur Sumatra Selatan akan direnovasi nih, TemanBaik. Apa ya istimewanya dari renovasi itu? Yuk, simak ulasannya!

Saat ini, rumah dinas itu ditempati Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru. Rumah tersebut berlokasi di Jalan Kapten Rivai, Palembang. Terakhir kali bangunan itu direnovasi pada 2016 lalu.

Dalam waktu dekat, renovasi akan kembali dilakukan. Tanpa menghilangkan bentuk bangunan aslinya, rumah itu nantinya bakal dilengkapi berbagai fasilitas. Yang paling menarik akan ada roof garden di bagian lantai atas dan alun-alun atau plaza di bagian halaman depan.

Akan ada juga panggung untuk masyarakat atau komunitas yang ingin unjuk kemampuan. Bahkan, bakal ada ruang perpustakaan juga. Menariknya, berbagai fasilitas itu nantinya bisa dinikmati masyarakat umum.

Saat ini, rumah dinas itu kurang representatif, terutama untuk kegiatan masyarakat. Bahkan, Herman Deru sendiri pernah jadi korban kebanjiran di rumah dinasnya itu. Karena itu, selain penyiapan berbagai fasilitas, ada perbaikan untuk instalasi air hingga listrik di sana.

Baca Ini Juga Yuk: PUPR Bakal Revitalisasi Rumah Adat di Kampung Ulos Samosir

"Makanya saya langsung panggil Sekda dan Biro Umum untuk menganggarkan renovasi ini. Kita rehab saja, tidak usah bangun baru. Alhamdulillah sekarang tender sudah selesai, begitu juga kontraknya," kata Herman di laman resmi Pemprov Sumatera Selatan.

Rencana renovasi pun sudah dibahas berbagai pihak pada Sabtu (3/8/2019) malam. Berbagai keinginan dan target pun disampaikan dalam pertemuan tersebut.

Tenaga ahli dari PT Intimas Mulia Konsultan Stefanus Erwin mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin dalam merenovasi. Bangunan akan dipertahankan bentuk aslinya, tapi akan dipoles menjadi lebih modern.

"Kita akan pertahankan bentuk aslinya dengan sentuhan-sentuhan yang lebih baik. Baik itu penampilan maupun fungsinya," ungkap Stefanus.

Selain berbagai rencana di atas, tata cahaya juga akan diatur lebih baik agar bangunan terlihat lebih cantik. Tapi, paling menarik tentu akan hadirnya roof garden alias taman di atas atap.

"Pengelolaan nantinya seperti apa akan disesuaikan. Tapi yang pasti tujuannya untuk menghijaukan lahan sempit dan bisa juga menjadi tempat pegawai istirahat atau bersantai," pungkas Stefanus.


Foto: rapat pembahasan renovasi Rumah Dinas Gubernur Sumatra Selatan (dokumentasi Diskominfo Provinsi Sumatra Selatan)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler