Jabar Rayakan HUT ke-74 dengan Pakaian Adat dan Bagikan Mobil Loh

Bandung - TemanBaik sudah tahu belum jika hari ini, 19 Agustus 2019, Jawa Barat tepat berusia 74 tahun? Peringatan HUT Jawa Barat ini diperingati dalam upacara di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Ribuan peserta upacara hadir yang merupakan perwakilan dari berbagai daerah se-Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara dalam kegiatan tersebut. Selain itu, hadir beberapa pejabat lainnya.

Dalam HUT Jawa Barat dan upacara peringatannya hari ini, ada beberapa hal menarik loh. Apa saja ya?

1. Pertama Dirayakan pada 2012
Peringatan HUT Jawa Barat sendiri pertama kali dilaksanakan sejak 2012. Sebelumnya, HUT Jawa Barat tidak dilaksanakan secara seremonial. Peringatan HUT Jawa Barat secara seremonial dilaksanakan sejak 2012, tepatnya pada 27 Agustus, di era Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Saat itu, upacara digelar di tanggal tersebut karena terpotong libur Lebaran.

Peringatan HUT Jawa Barat itu ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 28 Tahun 2010. Sejak penetapan itu, Jawa Barat berusia 67 tahun pada 2010. Tapi, peringatannya baru digelar pada 2012.

Kenapa sih usia Jawa Barat sama dengan usia HUT Republik Indonesia? Itu karena secara resmi Jawa Barat resmi menjadi provinsi pada 74 tahun setelah sebelumnya sempat berada di bawah kekuasaan beberapa kerajaan hingga pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang.

"Hari ini, 74 tahun silam, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) bersidan dan berhasil membentuk delapan provinsi yang dikepalai oleh seorang gubernur dan masing-masing provinsi terdiri atas keresidenan-keresidenan yang dikepalai oleh residen," ujar Ridwan Kamil.

Kedelapan provinsi itu adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Borneo, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil. Di Jawa Barat, gubernur pertama di era pasca kemerdekaan Indonesia adalah Mr. R. Sutardjo Kartohadikusumo.

2. Berpakaian Adat

Setiap tahun, sejak 2012, peringatan HUT Jawa Barat selalu digelar di Lapangan Gasibu. Menariknya, para peserta upacara yang merupakan ASN dari berbagai daerah di Jawa Barat selalu memakai pakaian adat masing-masing daerah. Hal itu juga yang terlihat hari ini. Ribuan ASN hadir dengan pakaian adatnya. Ridwan Kamil juga tampil dengan memakai beskap Sunda, lengkap dengan bendo alias penutup kepala bermotif batik.

Baca Ini Juga Yuk: 3 Hal Unik di Upacara HUT RI ke-74 Tingkat Jabar

3. Berikan Penghargaan
Dalam upacara kali ini, puluhan penghargaan dan hadiah diberikan kepada berbagai pihak atas inovasi dan beragam prestasinya. Mereka diberikan piagam penghargaan oleh Ridwan Kamil. Selain itu, masing-masing penerima penghargaan juga mendapat hadiah, ada yang berupa uang, sepeda motor, hingga mobil.

4. Undian Berhadiah bjb untuk ASN
Untuk memeriahkan suasana peringatan HUT Jawa Barat, Bank Jabar Banten (bjb) memberikan sejumlah hadiah. Ada 15 tabungan masing-masing Rp5 juta, 45 sepeda motor, lima mobil, dan lima paket perjalanan umrah. Pengundian dilakukan Ridwan Kamil dengan memencet tombol di podium pengundian. Nama-nama pemenang kemudian muncul di layar yang tak jauh dari lokasi.

5. 'Disempurnakan' Rapat Paripurna
Seusai upacara peringatan di Lapangan Gasibu, HUT Jawa Barat diperingati dengan digelarnya Rapat Paripurna di DPRD Jawa Barat. Seusai upacara, Ridwan Kamil bersama pejabat dan anggota DPRD langsung merapat ke DPRD Jawa Barat yang lokasinya tak jauh dari Lapangan Gasibu. Paripurna ini juga merupakan kegiatan tahunan setiap peringatan HUT Jawa Barat.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler