Refleksi Ulang Tahun, Ini Capaian dan Tantangan Jawa Barat

Bandung - Jawa Barat tepat berusia 74 tahun hari ini. Seperti apa sih refleksi 74 tahun Jawa Barat? Perjalanan panjang sudah ditempuh, hal positif pun banyak dicapai. Apa saja ya? Yuk, simak ulasannya!

"Jawa Barat hari ini telah tumbuh pesat menjelma menjadi pusat industri, pusat pendidikan, pusat ekonomi kreatif, pusat inovasi dan pusat pariwisata. Sehingga Jawa Barat dianugerahi Provinsi Paling Mempesona (2018) dan Destinasi Wisata Halal Unggulan (2019)," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam peringatan HUT ke-74 Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (19/8/2019).

Dari jumlah penduduk, tahu kan Jawa Barat memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia? Jumlahnya yaitu sekitar 48,7 juta jiwa. Bahkan, jumlah itu diprediksi menjadi 50 juta jiwa pada 2021 mendatang. Hal itu jadi tantangan tersendiri.

"Tantangan terbesar kami sebagai penyelenggara negara adalah memberikan pelayanan optimal terhadap warga Jawa Barat yang jumlahnya satu setengah kali penduduk Malaysia," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Dari segi potensi sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA), Jawa Barat jelas sangat melimpah. Hal itu diharapkan jadi modal besar untuk kemajuan Jawa Barat ke depan. Faktor kuncinya adalah inovasi dan kecepatan.

"Barang siapa berinovasi dan cepat, maka akan memenangkan peradaban. Dan barang siapa yang tidak berinovasi dan lambat maka akan tertinggal kereta zaman," jelasnya.

Berbagai pencapaian manis pun sudah ditorehkan. Salah satunya perekonomian Jawa Barat pada 2018 yang tumbuh 5,64 persen. Angka itu lebih besar dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional loh.

Untuk pertumbuhan investasi dan industri, Jawa Barat pada semester I 2019 membukukan realisasi Rp68,7 triliun. Angka ini menjadikan Jawa Barat sebagai destinasi investasi global nomor satu di Indonesia. Hebatnya, pencapaian itu di atas DKI Jakarta dan Jawa Tengah yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Masih ada hal lain loh yang dicapai Jawa Barat. Provinsi ini jadi satu-satunya provinsi yang memiliki peraturan daerah tentang ekonomi kreatif. Di luar itu, pembangunan juga terus dan akan dilakukan di masa kepemimpinan Emil dan Wagub Uu Ruzhanul Ulum.

"Jawa Barat menjelang satu tahun masa kepemimpinan kami telah melakukan upaya optimal dalam memenuhi janji-janji politik kami. Berkat kekompakan, kerja keras, dan kerja sama yang baik dari semua pihak, tidak kurang setidaknya 45 penghargaan tingkat nasional telah dianugerahkan kepada Provinsi Jawa Barat," tutur Emil.

Tapi, ia menegaskan penghargaan itu bukan tujuan baginya dan ASN Jawa Barat dalam bekerja. Penghargaan itu dianggap sebagai bonus dan apresiasi atas kinerja. "Semoga penghargaan-penghargaan tersebut menjadi kado terbaik bagi Jawa Barat dalam umurnya yang ke-74," tandas Emil.

Sementara seusai upacara, Emil kembali menegaskan berbagai pencapaian Jawa Barat di hadapan wartawan. "Banyak berita baik, ekonomi maju, investasi baik, hal buruk berkurang. Tapi, tantangan tentunya masih ada," ucapnya.

Ia pun kembali mengungkap semangatnya membangun Jawa Barat bersama UU, ASN Jawa Barat, serta berbagai pihak. "Kita sebagai provinsi dengan penduduk terbesar punya tantangan yang alhamdulillah akan kita selesaikan dan insya Allah lima tahun semangat juara lahir batin bisa kita hadirkan," pungkas Emil.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler