Kejuaraan Paralayang Internasional Bakal Digelar di Sumedang

Jakarta - Ada berita baik nih, pada 22-28 Oktober 2019 mendatang bakal digelar kejuaraan paralayang kelas internasional loh yaitu West Java Paradigling Championship 2019 yang dilangsungkan di Sumedang, Jawa Barat.

Lewat keterangannya di laman kemenpar.go.id, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan Sumedang menjadi kota kedua yang menggelar ajang wisata olahraga berskala internasional. Sebelumnya, ajang serupa pernah digelar juga di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Benchmark kami Kabupaten Banyuwangi. Paling lama dalam 5 tahun ke depan, Sumedang harus seperti Banyuwangi, bahkan melampauinya," katanya.

Dony juga menjelaskan kalau dibandingkan dengan daerah lainnya, panorama alam di Sumedang juga tidak kalah bagus. West Java Paradigling Championship 2019 sendiri akan mempertandingkan dua kelas yaitu cross country dan accuracy.

Tak hanya dua kelas itu saja, ada tambahan kategori yang dilombakan juga loh, yang tentunya tidak kalah menarik yakni fun fly dan festival fly, yang rupanya diselenggarakan di Indonesia untuk kali perdana.

“Nanti ada 160 pilot cross country dan accuracy dari 20 negara yang akan berlaga dalam kejuaraan dunia paralayang di Sumedang," jelas Dony.

Untuk menyemarakkan acara, pada pelaksananaannya nanti akan dihadirkan pula kegiatan lainnya seperti pertunjukan seni budaya, festival kuliner, sharing session, coaching clinic, hingga lomba fotografi.

Untuk menambah wawasan para peserta akan ada sharing session dan coaching clinic bersama para legenda paralayang kelas dunia, salah satunya Paul Guschlbauer dari Austria.

"Melalui West Java Paragliding World Championship, kami ingin menjadikan Sumedang sebagai surganya paralayang dunia. Karena itu pula, pendekatan yang kami lakukan bukan hanya berfokus pada kejuaraannya saja, tetapi juga membangun ekosistemnya," terang Dony.


Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler