bjb Gencar Jalankan Kultur Digital di Seluruh SDM

Kota Denpasar - Akhir Agustus 2019, bank bjb bakal merilis resmi QR Code sebagai bentuk transformasi layanan digital buat para nasabahnya. Nah untuk menguatkan profesionalisme, bank pembangunan Jawa Barat ini siap menjajal pengetahuan dasar digital perbankan buat semua SDM-nya.

Direktur Operasional bank bjb Tedi Setiawan mengatakan, pihaknya akan membangun kultur digital ini di semua bagian. Kemampuan digital perbankan ini mutlak diperlukan agar seluruh karyawan bjb bisa melayani nasabahnya lebih cepat, praktis dan efisien.

"Karena bjb sudah bertransformasi digital, maka kami targetkan dalam 3 tahun seluruh SDM sudah menjalankan kultur digital itu di semua divisi. Tak hanya bagian office, tapi juga back office hingga operation semua akan dibekali pengetahuan digital perbankan," ujar Tedi di sela Media Gathering Bank bjb di Bali belum lama ini.

Lebih jauh Tedi menjelaskan, ke depan proses pengajuan kredit dan internal memo yang disampaikan ke manajemen juga akan berjalan lebih singkat dengan adanya digitalisasi. Tak lagi mengandalkan form manual, pihaknya siap membuat formulasi baru itu dalam bentuk digital.

"Jadi ke depan kita akan mengubah proses pengajuan kredit dan internal memo itu dalam bentuk online agar tak memakan waktu lama. Saat ada kesibukan, manajemen bisa akses dan cek semua pengajuan tanpa harus ada di kantor," tambahnya.

Baca Ini Juga Yuk: Bank Indonesia Kini Punya QR Code, Transaksi Jadi Makin Gampang

Sementara itu, Yuddy Renaldi selaku Direktur Utama bank bjb menyampaikan, saat ini perseroan tengah fokus mengembangkan dan memperkuat layanan perbankan digital untuk percepatan bisnis dan peningkatan layanan kepada nasabah.

"Lewat rencana pengembangan jangka pendek, bank bjb akan melakukan akselerasi produk dan layanan elektronik serta digital banking termasuk di antaranya pengembangan e-money server based untuk transaksi menggunakan QR Code, perluasan fitur dari mobile banking bank bjb termasuk bjb Digi yang lebih user friendly," papar Yuddy.

Di sisi lain, pihaknya juga bakal mengintegrasi bisnis digital dengan perusahaan Fintech termasuk e-commerce dan self-service banking machine atau e-kiosk dan informasi melalui chat bot.

Sedangkan untuk pengembangan jangka panjang, bank bjb akan mengoptimalkan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam bentuk elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah, antara lain digitalisasi layanan publik dan pemerintah serta mendukung Program Smart City.

"Kami meyakini di dalam setiap perubahan akan selalu ada peluang dan tantangan untuk dihadapi. bank bjb selalu menghadapi tantangan-tantangan baru ini dengan kacamata optimis dan menganggap hal tersebut sebagai ajang pembuktian bahwa kami merupakan perbankan yang adaptif dan dinamis dalam merespon kebutuhan masyarakat," tutup Yuddy.


Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler