Miniatur Suasana Masjidil Haram Bakal Hadir di Bandung Minggu Ini

Bandung - TemanBaik, Kota Bandung akan berusia 209 tahun nih pada 25 September 2019. Untuk memperingatinya, beragam rangkaian kegiatan digelar di Kota Bandung. Salah satu yang istimewa adalah bakal ada Salat Subuh Berjamaah di Masjid Raya Jawa Barat, di kawasan Alun-alun Bandung, Minggu (22/9/2019). Minimal 20 ribu orang ditargetkan hadir dalam kegiatan ini.

Gerakan salat subuh berjamaah di Bandung memang bukan hal baru. Tapi, untuk salat subuh berjamaah di satu lokasi dengan jumlah massa sebanyak itu baru kali ini dilakukan.

Konsep acara ini adalah ide Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Beberapa waktu lalu, saat menunaikan ibadah haji, Oded melihat dari gedung tinggi ke arah Masjidil Haram.

"Saat itu Pak Wali melihat pergerakan orang-orang, berjuta-juta umat muslim, dari berbagai arah masuk ke Masjidil Haram. Beliau terinspirasi (dan bertanya) 'bisa enggak yang seperti itu dihadirkan di sini?'," kata Kabag Kesra Kota Bandung Bambang Sukardi dalam Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (17/9/2019).

Jika Salat Subuh Berjamaah ini terlaksana, maka dalam sehari di Masjid Raya Jawa Barat seolah akan hadir 'miniatur Masjidil Haram'. Sebanyak 20 ribu orang akan datang dari berbagai arah dan masuk ke area masjid untuk salat berjamaah.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Waduk Jatiluhur Bakal Punya Masjid dan Hotel Terapung

Secara teknis, kegiatan itu masih akan dibahas lebih lanjut. Tapi, intinya para peserta akan tersebar di tujuh titik kumpul dan berjalan kaki ke Masjid Raya Jawa Barat. Semuanya direncanakan kompak memakai baju berwarna putih.

Selain salat subuh berjamaah, dalam kegiatan itu juga akan diisi tausiah. Puncaknya, para jamaah akan berdoa bersama untuk kemajuan Kota Bandung di usia 209 tahun.

Menariknya, di hari yang sama, kegiatan doa bersama juga akan dilakukan umat beragama lain di Kota Bandung. Masing-masing tempat dan rumah ibadah akan melaksanakan doa bersama tersebut di sela kegiatan ibadahnya.

"Jadi semua akan berdoa bersama-sama melaksanakan doa bersama untuk keberkahan, kesejahteraan, untuk kondusivitas Kota Bandung," ucap Bambang.

"Ini hal yang sangat positif sekali. Dalam rangka HUT Kota Bandung ke-209, semua stakeholder, semua agama, suku, ras, akan sama-sama berdoa untuk keberkahan Kota Bandung," pungkasnya.

Secara umum, kegiatan itu dilakukan sebagai bagian dari wujud visi Bandung sebagai Kota Agamis. Di saat yang sama, kegiatan itu berharap makin meningkatkan kerukunan dan persatuan di antara sesama warga.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler