Begini Upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta Hadapi Kekeringan

Purwakarta - Musim kemarau tahun ini cukup panjang terjadi di luar prediksi, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika terus mencari solusi untuk menangani kekeringan di Purwakarta. Khususnya solusi untuk kebutuhan air bagi masyarakat Purwakarta.

"Tahun 2020 dari awal sudah ada solusi termasuk memecahkan kendala teknis, karena kekeringan tahun ini di luar prediksi dan ke depan harus sudah siap," kata Anne, Kamis (19/9) lewat laman purwakartakab.go.id.

Anne juga mengakui yang menjadi kendala dalam pendistribusian air adalah keterbatasan armada kendaraan tanki. "Kita terkendala teknis, pemda tidak memiliki tanki, sedangkan tidak mungkin menggunakan kendaraan damkar, karena selama ini mengandalkan tanki PDAM," tambahnya.

Baca Ini Juga Yuk: Dukung Kampung Iklim, Purwakarta Manfaatkan Tempat Sedekah Sampah

Pihaknya pun sudah meminta Kepala DPKPB, untuk mengirim surat permohonan peminjaman truk tanki, hal tersebut agar pendistribusian air bersih untuk warga bisa disalurkan dengan cepat. "Tiap hari 16-20 ribu liter bantuan air, mudah-mudahan pemprov bisa meminjamkan lebih dari lima kendaraan tanki," katanya.

Selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, sudah menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi bencana kekeringan. Salah satunya, masyarakat cukup memberikan permohonan baik melalui call center 112 atau langsung melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta.


Foto: purwakartakab.go.id.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler