Pemanasan ala Sumsel Jelang Bowling World Cup 2019

Sumatera Selatan bakal jadi tuan rumah Bowling World Cup 2019 pada November mendatang. Turnamen ini akan diikuti banyak pebowling hebat dari berbagai negara loh.

Sebagai ajang pemanasan, Kejuaraan Nasional Bowling Piala Gubernur Sumatera Selatan 2019 pun digelar di Bowling Center Jakabaring Sport City (JSC), Palembang. Pembukaan digelar pada Sabtu (5/10/2019) dan kegiatan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

"Ada beberapa alasan kegiatan ini dilaksanakan, yaitu untuk menyongsong Bowling World Cup 2019 yang digelar November mendatang dan untuk memperkenalkan bowling di masyarakat untuk semua level usia, dan menepis bowling untuk segmen tertentu," ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di laman resmi Pemprov Sumatera Selatan.

Kejuaraan nasional bowling ini adalah yang pertama digelar di Sumatera Selatan. Tapi, karena skalanya nasional, pesertanya cukup banyak loh. Ada 125 peserta dari 12 provinsi yang bersaing dalam kejuaraan ini. Hal ini diapresiasi Ketua Umum PB Persatuan Bowling Indonesia (PBI) Percha Leanpuri.

"Ini adalah ukiran sejarah baru untuk Sumatera Selatan karena ini adalah kali pertama di Sumatera Selatan diadakan kejurnas bowling. Saya sebagai Ketua Umum PB PBI sangat menyambut baik adanya event ini," tutur Percha.

Sementara selain jelang Bowling World Cup, kejuaraan itu juga untuk mengisi kekosongan turnamen bowling. Sebab, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang tak ada cabang olahraga (cabor) bowling yang dipertandingkan.

Dengan hadirnya kejuaraan nasional itu, para atlet bowling diharapkan bisa memiliki saluran untuk berprestasi. Selain itu, kejuaraan itu juga diharapkan membuat geliat olahraga bowling di Indonesia semakin meningkat.

"Seperti kita tahu tahun 2020 PON di Papua nanti cabor bowling tidak ada. Jadi kami adakan kejuaraan ini juga untuk mengakomodir para atlet sehingga mereka dapat terus meningkatkan prestasinya," ujar Ketua PBI Sumatera Selatan Kurmin Halim.

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler