Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Enggak Terpikir Bunuh Diri

Bandung - Bunuh diri biasanya dilakukan orang-orang yang frustasi atau putus asa dengan masalahnya. Beratnya masalah atau tekanan bisa membuat seseorang berpikir mengakhiri hidup karena menganggap diri tak mampu mengatasinya.

TemanBaik jangan sampai terpikir melakukan bunuh diri ya! Sayang dong jika hidup yang hanya sekali ini berakhir dengan cara tragis seperti itu. Apalagi, dalam agama apapun, bunuh diri bukan sesuatu yang dibenarkan, bahkan sebuah dosa.

Bunuh diri biasanya muncul dari orang yang sudah memasuki tahap depresi. Biasanya diawali dengan perasaan sedih, letih, malas keluar rumah, malas beraktivitas, hingga putus asa.

"Selain memahami tanda-tanda itu, kita harus mengerti juga apa yang harus dilakukan agar tercegah melakukan bunuh diri," kata Direktur Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat Elly Marliyani, Kamis (10/10/2019).

Apa ya yang harus dilakukan? Saat menghadapi masalah yang dirasa berat, jangan pendam masalah itu sendiri ya TemanBaik. Carilah teman untuk mengungkap apa yang kamu alami atau rasakan.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Bedanya Orang dengan Gangguan Jiwa dan Masalah Kejiwaan

Dengan menceritakan yang ada di benakmu, minimal bebanmu akan berkurang. Di saat yang sama, kamu bisa mendapat solusi, masukan, atau bahkan semangat. Sehingga, kamu secara perlahan akan bisa keluar dari permasalahan yang mengganjal.

"Mereka (yang memiliki permasalahan) harus tahu saat mengalami (masalah) kepada siapa menyampaikannya," ungkap Elly.

Di sini fungsi pentingnya memiliki sahabat atau teman curhat. Sebab, kamu bisa berbagi kesulitan dengan mereka. Sebaliknya, jika kamu memiliki teman atau saudara dengan gejala seperti di atas dan berniat bunuh diri, berusahalah mendampinginya.

Jangan biarkan mereka sendirian terlalu lama. Ajak mereka untuk mengungkap perasaannya. "Atau bisa melakukan berbagai kegiatan yang positif," ungkap Elly.

Berbagai kegiatan itu misalnya olahraga, menyalurkan hobi, liburan, atau hal-hal positif lain. Dengan cara itu, rasa sedih, kecewa, dan lain-lain bisa terkikis secara perlahan.

Yang paling penting dari semuanya adalah sadari bahwa hidup itu berharga. Bahkan, kamu pasti sangat berharga di mata orang-orang dekat, mulai dari keluarga hingga teman. Bunuh diri akan membuat mereka dilanda kesedihan.

Nah, mulai sekarang, jangan pendam masalah sendirian ya TemanBaik! Jauh-jauh deh terpikir untuk bunuh diri yang enggak ada manfaatnya sama sekali.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler