Alasan Jangan Marah Dulu Kalau Anak Nonton TV dari Jarak Dekat

Bandung - TemanBaik, jika kamu memiliki anak kecil di rumah, jangan marah dulu ya jika ia menonton televisi dari jarak dekat. Iya, mungkin kamu marah karena sayang dan khawatir penglihatannya terganggu. Tapi, tahan diri sebelum marah ya. Yuk, simak ulasannya!

Menurut Direktur Utama RS Mata Cicendo Bandung dr. Irayanti, Sp.M(K)., MARS, sangat penting melihat kebiasaan anak saat menonton televisi. Jika sebelumnya sang anak suka menonton dari jarak jauh tapi kemudian lebih banyak nonton dari jarak dekat, harusnya kamu bertanya-tanya.

"Kita perlu melihat kebiasaan mereka sehari-hari. Kalau tiba-tiba anak suka menonton dari jarak dekat, jangan-jangan penglihatannya terganggu," kata Irayanti.

Bisa saja si kecil terpaksa nonton dari jarak dekat karena memang tak jelas saat berada dari jarak jauh. Karena itu, kamu perlu bertanya sebelum marah dan menyuruh si kecil menjauh dari televisi. Hal serupa juga berlaku saat anak bermain gawai.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Ajak Anak ke Bioskop

Tanyakan dengan cara yang baik alasan si kecil kenapa sekarang menonton televisi atau melihat layar gawai dari jarak dekat. Dengan cara yang baik, si kecil akan memberikan jawaban.

Jika si kecil mengutarakan penglihatannya lebih jelas saat menonton atau melihat gawai dari jarak dekat, pemeriksaan mata disarankan untuk dilakukan. Dengan begitu, risiko penglihatan mereka semakin terganggu bisa diminimalisir.

Tapi, jika orangtua langsung marah, si kecil kemungkinan besar tidak akan mengungkap apa yang dirasakannya. Jika ternyata penglihatan anak terganggu, hal itu bisa semakin buruk jika terus-menerus dibiarkan.


Foto: Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler