Bangga! Ridwan Kamil Jadi Inspirational Leader Asia Pasifik

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali meraih penghargaan nih, TemanBaik. Ia terpilih sebagai Inspirational Leader di kawasan Asia Pasifik pada ajang GovInsider Innovation Awards 2019.

Penghargaan ini diberikan di Markas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Asia Pasifik di Bangkok, Thailand, pada Rabu (16/1062019). Penghargaan diserahkan oleh Principal Princess of the Kingdom of Eswatini Ratu Sikhanyiso dan Chief of Technology and Innovation UN ESCAP Jonathan Wong.

Pria yang akrab disapa Emil itu mendapat penghargaan karena dipandang sebagai pionir perubahan di sektor pelayanan publik. Tapi, untuk mendapatkan penghargaan itu enggak mudah loh. Emil harus bersaing dengan para nominator lainnya dan diseleksi ketat juri panel intenasional.

Emil pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen di Pemprov Jawa Barat yang sudah mendukung penerapan e-Government dan layanan publik berbasis inovasi serta kolaborasi. Meski bangga atas pencapaian yang ada, ia tak akan berhenti berinovasi loh.

"Ke depan Jabar akan mengembangkan berbagai program pelayanan yang berfokus pada masyarakat kota dan pedesaan. Tentunya bersinergi bersama pemerintah kota dan kabupaten," kata Emil dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Selain Emil, Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat juga meraih dua dari sembilan kategori penghargaan. Pertama adalah Best Adaptation untuk program Desa Digital. Kedua adalah Best Team Under 35 untuk unit Jabar Digital Service.

Baca Ini Juga Yuk: Jawa Barat Raih Penghargaan Provinsi Paling Inovatif di IGA 2019

Penghargaan Best Adaptation diberikan karena Pemprov Jawa Barat menjalankan cara melayani publik dengan lebih baik melalui pendekatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sedangkan Best Team Under 35 diberikan karena tim Jabar Digital Service mayoritas pegawainya adalah pemuda.

Ajang GovInsider Award kali ini adalah penyelenggaraan keempat. GovInsider sendiri adalah portal publikasi dari tim yang melakukan peliputan di seluruh Asia Pasifik. Tim peliputan ini bertugas mencari dan menemukan contoh pemerintahan yang telah melakukan sesuatu yang berbeda untuk menampilkan solusi inovatif dan berani melakukan pendekatan baru untuk menghadapi berbagai tantangan.

Tahun ini, kegiatan tersebut diikuti lebih dari 1.000 pejabat senior pemerintah lebih dari 50 negara dan dari PBB. Selain penghargaan, ajang ini jadi sarana diskusi dengan tema besar mengenai digitalisasi, data, keuangan, layanan, dan keamanan publik.

Lobi ala Ridwan Kamil
Seperti kebiasaannya, di ajang GovInsider Award juga jadi ajang bagi Emil untuk melakukan lobi investor kelas internasional. Harapannya akan ada investor yang menggelontorkan dana ke Jawa Barat untuk investasi pembangunan.

Lobi yang dilakukan pun berhasil. Salah satunya, usai melobi delegasi pemerintah Inggris, Emil mendapat kepastian investasi Rp50 triliun. Lobi dengan Vice President Architecturs Asia Pacifik Japan and China Vish Iyer juga berbuah hibah Rp42,5 miliar untuk program smart city dalam bentuk barang dan asistensi teknologi.

Emil juga bediskusi dengan Executive Director Global Policy and Government Affairs Asia Pacifik Goh Seow dan beberapa delegasi dari Amerika Latin dan perwakilan Amazon. "Harapannya bantuan segera terwujud dan dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan warga dalam mewujudkan Jabar Juara," pungkasnya.


Foto: dokumentasi Humas Jabar

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler