Longsor Mengancam Saat Musim Hujan, Tingkatkan Kewaspadaan Ya!

Bandung - TemanBaik, musim hujan akan segera datang nih. Bahkan, di beberapa daerah, hujan sudah mulai sering terjadi. Selama musim hujan nanti, kamu harus lebih waspada terhadap potensi longsor ya!

"Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai longsor," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani.

Kenapa sih saat musim hujan potensi longsor cukup tinggi? Itu karena saat musim kemarau banyak tanah yang mengalami kekeringan. Bahkan, biasanya terdapat rekahan tanah, terutama di area yang terdapat perbukitan atau gunung.

Saat disirami air hujan, tanah akan lebih mudah 'terlepas' satu sama lain. Longsor pun bisa terjadi karena tanah tak kuat menahan beban air. Apalagi jika hujan yang terjadi sangat deras.

Baca Ini Juga Yuk: Waspada Jika Temukan Rekahan Tanah!

"Sebelumnya saat musim kemarau kan kering, retak. Karenanya ada potensi longsor (saat musim hujan)," jelas Kasbani.

Karena itu, masyarakat harus benar-benar waspada, terutama jika melintas ke area perbukitan. Kewaspadaan lebih tinggi juga harus dimiliki warga yang tinggal di sekitar area perbukitan. Jika memang daerahmu rawan longsor, sebaiknya mengungsi dulu ke tempat aman saat terjadi hujan deras.

Sementara selain masyarakat, pemerintah daerah juga diimbau meningkatkan kewaspadaan dan melakukan langkah pencegahan longsor. Apalagi, PVMBG sudah memberikan peta prakiraan rawan bencana secara berkala kepada pemerintah daerah. Peta itu bisa jadi acuan bagi pemerintah daerah untuk mengambil langkah pencegahan longsor.


Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler