Urusan Perizinan di Semarang Lebih Mudah dengan e-Paten

Semarang - Pemkab Semarang baru saja meluncurkan aplikasi pelayanan umum terpadu di kecamatan yang diberi nama elektronik Paten (e-Paten). Aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi ini bisa membuat pelayanan umum yang dilaksanakan bakal lebih cepat dan terhubung dengan basis data kependudukan dan perizinan yang telah ada.

"Kami ingin penyelesaian urusan sebagian kewenangan Bupati yang dilimpahkan ke tingkat kecamatan dapat lebih bermutu dan cepat. Sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik," ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Budi Sugito lewat laman jatengprov.go.id.

Menurutnya, tata kelola pemerintahan yang berbasis elektronik ini memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan umum. "Pelayanan terpadu di kecamatan memang harus terus dikembangkan. Termasuk memanfaatkan teknologi informasi yang tidak dapat ditolak lagi di era saat ini," tegasnya.

Budi Sugito juga menambahkan sebenarnya aplikasi ini sudah diperkenalkan sejak 2013 lalu. Tapi sebelumnya hanya kecamatan tertentu saja yang menggunakan aplikasi digital itu.

Lewat layanan e-Paten, sebagian kewenangan Bupati Semarang di bidang pemerintahan, ekonomi pembangunan, pendidikan dan kesehatan, sosial dan kesra, pertanahan dan pelayanan umum dapat diselesaikan oleh camat.

"Contohnya, pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk luasan tanah sampai dengan 250 meter persegi satu lantai, masih akan dilayani di kecamatan sambil menunggu regulasi baru," paparnya.

Dengan diluncurkannya e-Paten, warga yang mengurus perizinan dan surat-surat lainnya tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu semua permohonan warga di seluruh kecamatan dapat dipantau karena terhubung ke basis data yang dikelola Diskominfo.

Foto: jatengprov.go.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler