Keren! PTDI Ekspor Pesawat CN235-220 untuk Militer Nepal

Bandung - Nama PTDI di industri pesawat internasional kembali mencuat nih TemanBaik. Tepatnya Rabu (30/9/2019), BUMN kebanggaan Indonesia ini resmi mengirim satu unit pesawat terbang CN235-220 Military Transport untuk Nepalese Army milik Nepal di Hanggar Fixed Wing PTDI, Jalan Pajajaran No154 Bandung.

Pesawat ini, bertolak menuju Kathmandu, Nepal yang rencananya akan tiba pada 2 November 2019. Pada ferry filght kali ini, Capt. Esther Gayatri Saleh bertugas sebagai Test Pilot In Command dan Flight Instructor, sementara Capt. Ervan Gustanto sebagai Copilot.

Mereka berdua siap menerbangkan pesawat CN235-220 dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Medan, kemudian dilanjutkan menuju Yangon, Myanmar, lalu dilanjutkan kembali ke Dhaka, Bangladesh dan terbang kembali menuju Kathmandu, Nepal sebagai destinasi terakhir.

Adapun pesawat tersebut akan dilakukan Flight Training lanjutan dan Final Acceptance Flight oleh Nepalese Army.

"Penandatanganan kontrak pengadaan pesawat terbang CN235-220 Military Transport ini telah dilaksanakan pada 16 Juni 2017. Program ekspor pesawat CN235-220 Military Transport untuk Nepalese Army ini, pembiayaan sebagian modal kerjanya didanai oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dengan skema National Interest Account (NIA)," ujar Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro, Rabu (30/10/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Yuk Intip Fasilitas Penerbangan Buat Orang Sakit

Ia bercerita nih, CN235-220, merupakan pesawat multirole dengan daya angkut sebanyak 48 penumpang yang dapat digunakan untuk beberapa misi. Sebut saja pengintaian, patroli maritim dan angkutan pasukan bersenjata.

Adapun beberapa kelebihan Pesawat CN235-220 Military Transport Nepalese Army di antaranya Maximum Take-Off Weight (MTOW) 16.500 kg, Endurance selama 11 jam, Multihop Capability Fuel Tank, yakni teknologi yang memungkinkan pesawat terbang tak perlu mengisi ulang bahan bakar untuk melanjutkan penerbangan ke rute berikutnya.

"Hingga saat ini, PTDI telah berhasil memproduksi dan mengirimkan pesawat CN235 sebanyak 68 unit untuk dalam negeri maupun luar negeri dari total sebanyak 285 unit populasi pesawat CN235 series di dunia," tambahnya.

Adapun operator dalam negeri yang menggunakan pesawat CN235 series adalah TNI AU dan TNI AL. Sedangkan operator luar negerinya adalah negara Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Pakistan, Uni Emirat Arab, Senegal dan Nepal yang pesawatnya telah dikirimkan hari ini.

Sukses deh buat industri dirgantara Indonesia!


Foto: dokumentasi PTDI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler