Maraton Sambil Rekreasi di Pangandaran Lewat JIM 2019 Yuk!

Pangandaran - TemanBaik ada yang senang dengan olahraga lari atau marathon? Atau kamu senang rekreasi? Kamu bisa loh menikmati keduanya secara sekaligus!

Caranya adalah dengan mengikuti Jabar International Marathon (JIM) 2019 di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, pada 1 Desember 2019 mendatang. Melalui kegiatan ini, para pelari akan melakukan maraton sekaligus menyusuri dan menikmati keindahan alam Pangandaran.

Peserta dari kegiatan ini bukan hanya warga lokal loh. Warga negara asing juga akan ikut serta. Saat ini, tercatat sudah 1.015 calon peserta yang terdaftar. Dari jumlah itu, ada 14 merupakan warga Kenya, satu orang dari Ethiopia, satu orang dari Australia, dan satu orang dari Amerika Serikat.

Kategori lombanya adalah jarak 42 kilometer, 21 kilometer, 10 kilometer, dan 5 kilometer. Hadiah total uang lebih dari Rp600 juta siap dikucurkan bagi para pemenang. Jika TemanBaik tertarik ingin mengikuti kegiatan itu, kamu bisa cek informasi lengkapnya di laman www.jabarmarathon.com.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan JIM merupakan salah satu cara pemerintah mempromosikan Pangandaran yang kaya akan keindahan alam. Tak hanya pantai, pangandaran juga memiliki keindahan pegunungan hingga sungai.

Tapi, untuk memperkenalkan Pangandaran sebagai tujuan wisata pada dunia, perlu cara kreatif yang dilakukan. Sehingga, upaya promosi yang dilakukan bisa lebih efektif.

"Pangandaran ini punya potensi wisata yang luar biasa, sayang kalau tidak terekspos. Pilihannya adalah mempromosikan melalui cara konvensional atau inovatif. Salah satu cara inovatif adalah melalui event," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Intip 6 Persiapan Penting Sebelum Mengikuti Lari Maraton

JIM 2019 sendiri adalah pelaksanaan kedua setelah yang pertama diselenggarakan pada 2018 lalu. Dampak positif pun sudah dirasakan langsung. Setelah pelaksanaan JIM 2018 hingga kini, total wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran mencapai 4 juta orang. Jumlah itu melesat cepat dibanding sebelumnya.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengapresiasi digelarnya JIM 2019. Apalagi, dampak positif sudah dirasakan setelah perhelatan serupa pada edisi pertama. Ia pun yakin Pangandaran akan semakin berkembang dan menarik wisatawan untuk datang. Sebab, selain kegiatan JIM, Pangandaran saat ini sedang ditata dalam berbagai aspek.

Khusus untuk kegiatan JIM 2019, Jeje bersama jajaran pemerintahannya bahkan memberi suguhan istimewa. Ia akan mempersiapkan aneka hiburan hingga sajian kuliner khas Pangandaran. Harapannya, peserta JIM akan memiliki kesan manis terhadap Pangandaran dan kembali datang ke Pangandaran, termasuk membawa keluarga atau teman-temannya.

"Insya Allah setelah finis akan banyak yang khusus dipersiapkan untuk peserta. Itu akan disiapkan pemda," ucap Jeje.

Apa yang Istimewa dari JIM? Race Director JIM 2019 Safrita Ariana mengatakan ada beberapa keistimewaan yang ditawarkan melalui JIM kali ini. Yang pertama adalah adanya jersey khusus bagi finisher 42 kilometer. Sementara secara umum, para finisher berbagai kategori akan mendapatkan medali cantik.

"Medali finisher menggambarkan bentuk kontur Pangandaran, ada matahari, gunung, lautan. Untuk lanyard juga akan ada tulisan Pangandaran dan tanggal pelaksanaannya," ungkapnya.

Selain itu, para peserta marathon juga akan mendapatkan asuransi. Sehingga, jika terjadi hal tak diinginkan, sudah ada asuransi yang siap menanggung biayanya.

"Kita juga melakukan berbagai perbaikan dari pelaksanaan JIM tahun lalu. Banyak yang bisa ditingkatkan dari event tahun lalu," tutur Safrita.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler