Cara Bikin Anak Tak Kecanduan Gawai ala Atalia Praratya

Bandung - Atalia Praratya punya cara tersendiri agar kedua anaknya tak kecanduan gadget alias gawai. Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu menerapkan berbagai hal. TemanBaik mau tahu? Yuk, simak ceritanya!

Langkah pertama yang dilakukannya adalah memberi pemahaman bagi anak-anaknya soal bahaya gawai. Mereka diajarkan membagi waktu dan menggunakan gawainya dengan bijak.

"Saya kira memang pembekalan terkait bagaimana menggunakan gadget yang baik itu harus dimulai dari orang tua," kata Atalia.

Berikutnya, anak-anaknya diusahakan dibuat sibuk. Sehingga, pikiran mereka akan teralihkan dari bermain gawai. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengajak anak memainkan permainan tradisional.

Ketiga, ia memberlakukan pembatasan di keluarga dalam penggunaan gawai. Misalnya, saat semua anggota keluarga berkumpul, tak ada gawai di antara mereka. Semua serempak menyimpan gawainya agar bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga secara berkualitas.

Baca Ini Juga Yuk: Trik Jadi Ibu Rumah Tangga Berdaya ala Atalia Praratya

"Kita ada program pukul 18.00-21.00 WIB, mereka (termasuk orang tua) enggak pegang gadget. Tapi kita berkumpul bersama, berdiskusi, komunikasi dengan keluarga," ungkap Atalia.

Selanjutnya, ada penerapan hukuman yang diberikan kepada anak-anak jika melakukan pelanggaran dalam kesepakatan di keluarga. Tapi, jangan bayangkan hukuman kejam. Hukuman yang diberikan justru bermakna, termasuk membuat anak-anaknya tak kecanduan gawai. TemanBaik mau tahu hukumannya apa?

"Ketika terjadi sebuah pelanggaran terhadap kesepakatan bersama, kita ada istilahnya menahan gadget mereka untuk sementara," tuturnya.

Dampak positif pun terasa. Kini, kedua anak Atalia dan Ridwan Kamil tak kecanduan terhadap gawai. Bahkan, mereka bisa cuek saat gawainya ketinggalan atau mati. Itu berbeda dengan anak lain yang justru akan gelisah jika mengalami hal sama.

"Alhamdulillah, anak saya mah kalau ketinggalan handphone juga enggak ada masalah karena enggak kecanduan," jelas Atalia.

Bagaimana nih TemanBaik, khususnya para orang tua, tertarik menjalankan trik ala Atalia?


Foto: dok. Humas Jabar

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler