Kini Warga Klaten Bisa Cek Anggaran Infrastruktur DPUPR di Medsos

Klaten - Saat ini, masyarakat memang menginginkan adanya keterbukaan informasi mengenai anggaran yang dipakai oleh pejabat pemerintahan di dinas-dinas terkait. Karena itu lah, lewat akun Twitter-nya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Klaten mengajak warganet untuk melongok berbagai program kerja instansi yang menangani infrastruktur di Klaten.

"Selamat akhir pekan sobat Bersinar. Apa aktivitas weekend-mu? Di rumah aja? Eits. Klaten banyak tempat wisata loh. Btw, udah ada yang tahu belum kegiatan DPUPR di TA 2019? Nih Mimin kasih link-nya dpupr.klatenkab.go.id/dokumen/," cuit akun @DPUPRKlaten beberapa waktu lalu.

Bukan hanya masalah program dan anggaran, akun media sosial DPUPR juga aktif menginformasikan tentang kinerja tim saat di lapangan. Cara ini dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DPUPR sebagai bentuk komunikasi mereka dengan masyarakat.

"Twitter DPUPR Klaten sangat aktif. Selain akrab menyapa warganet, admin juga menampilkan penanganan di lapangan, seperti kegiatan perbaikan jalan, penanganan lampu jalan, pembangunan gedung kantor dan lainnya. Sementara ini respons masyarakat sangat bagus," ungkap Lita Sugiarto, anggota PPID DPUPR Klaten.

Baca Ini Juga Yuk: Klaten Punya Tim Relawan Bencana Beranggotakan Para Disabilitas

Ia menambahkan, tim admin Dinas PUPR juga kerap menangani aduan yang masuk melalui akun media sosial mereka serta kanal pengaduan Matur Ibu yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Klaten.

Bahkan nih TemanBaik, masyarakat juga bisa mengakses informasi tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Klaten melalui Info Cegatan Klaten (ICK) dan Info Seputar Klaten (ISK) loh.

Upaya DPUPR Klaten itu kemudian mendapat apresiasi oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir. Menurutnya, DPUPR sukses menunjukkan komitmennya terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Ini terbukti dari adanya peningkatan poin DPUPR dalam pemeringkatan PPID tahap verifikasi formulir isian Self Assesment Questionnare (SAQ).

"Untuk Dinas PUPR Klaten setelah diverifikasi memperoleh skor 81 dari nilai awal 62 dalam jawaban Self Assesment Questionnare (SAQ)," ujar Zainal.

Ia mengungkapkan, pemanfaatan media sosial menunjukkan adanya transparansi pemerintah di bidang informasi publik untuk mendorong percepatan reformasi birokrasi.


Foto: Diskominfo Jateng

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler