Uniknya Kreasi Lampion dari Pipa Paralon Karya Adhe Abdul Rosyid

TemanBaik mungkin tidak akan menyangka jika pipa paralon bisa disulap jadi lampion yang cantik. Tapi, di tangan Adhe Abdul Rosyid (48), pipa paralon benar-benar bisa diolah jadi lampion loh.

Sejak setahun lalu, Adhe menekuni usaha pembuatan produk yang dinamaninya lampion paralon tersebut. Lampionnya pun menarik untuk dipandang. Sebab, di sekelilingnya terdapat ukiran dengan gambar-gambar tertentu, mulai dari ikan, bunga, singa, bahkan gambar bisa dibuat sesuai pesanan.

Dalam keadaan mati, gambar ukirannya terlihat biasa saja. Sebab, lampion itu memiliki warna putih

dan tidak dicat. Tapi, saat lampu di dalamnya dinyalakan, lampion bakal bercahaya dan gambarnya terlihat dengan jelas.

Yang tak kalah unik, ada beberapa kreasi lampion tiga dimensi, misalnya bergambar kupu-kupu. Tapi, sebagian dari gambar kupu-kupu dibuat menonjol. Sehingga, saat dinyalakan, cahaya lampu akan memancar keluar dari lubang-lubang yang ada.

Ukuran lampionnya sendiri beragam, mulai dari tinggi 25 sentimeter, 40 sentimeter, hingga yang paling tinggi 50 sentimeter. Soal harganya relatif terjangkau loh TemanBaik, hanya di kisaran Rp50-100 ribu saja.

Adhe sendiri punya modal kuat untuk menggeluti usahanya itu, yaitu kemahirannya melukis, menggambar, dan memahat. Kemahirannya itu kemudian berpadu setelah ia melihat tayangan di Youtube soal pembuatan lampion dari bahan pipa paralon.

"Awalnya saya lihat di Youtube, langsung spekulasi, saya beli mesin sendiri dan bikin. Alhamdulillah, kebetulan saya punya dasar bisa melukis dan bikin relief dari 10 tahun lalu," kata Adhe saat ditemui di kediamannya di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (1/11/2019).

Karena keunikan produknya, banyak yang sengaja datang ke rumah Adhe untuk membeli atau memesannya. Karena belum punya modal besar, ia masih menjalankan usaha itu dalam skala rumahan dan tak membuat galeri khusus.

Dalam sehari, rata-rata ia bisa memproduksi sekitar tiga unit lampion. Ia pun mempekerjakan lima warga sekitar untuk membuatnya. Tapi, Adhe jelas lebih mahir dalam membuatnya. Bahkan, dalam waktu kurang dari 30 menit, ia bisa menyulap pipa paralon polos memiliki ukiran yang menarik.

TemanBaik tertarik ingin memiliki lampion paralon buatan Adhe? Kamu tinggal datang saja ke rumahnya di Kampung Cijeungjing RT 01 RW 23 Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Jika enggak bisa ke lokasi, kamu bisa memesan melalui nomor telepon 0859-7598-1810.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler