Tim FMIPA UI Kembangkan Konservasi Durian di Sukabumi

Sukabumi - Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) belum lama ini mengembangkan Arboretum Durio Botanica sebagai pusat taman botani dan konservasi durian yang terletak di Desa Gandasoli, Sukabumi.

Kegiatannya sendiri dilakukan secara bertahap, mulai dari pembukaan lahan konservasi, pencarian bibit dan penanaman berbagai jenis pohon durian dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pengembangan yang sudah dilakukan sejak Febuari lalu ini turut menggandeng Yayasan Pandu Cendeki. Tim Pengmas FMIPA UI sendiri memfasilitasi mulai dari pelatihan penanaman durian sekaligus menghibahkan bibit durian untuk ditanam di kawasan Desa Gandasoli.

Baca Ini Juga Yuk: Universitas Udayana Kembangkan Bibit Durian Kunyit

Rento Lestari, pimpinan Tim Pengmas FMIPA UI menjelaskan Arboretum Durio Botanica merupakan konsep untuk mengembangkan kawasan konservasi durian dari puluhan spesies hingga ribuan varietas, baik yang ada di nusantara mau pun mancanegara.

"Untuk pemilihan Desa Gandasoli sendiri dikarenakan daerah tersebut terkenal sebagai penghasil durian yang berkualitas dan merupakan bagian dari Geopark Ciletuh," jelasnya.

Ketika diadakan kontes durian nasional pada bulan Maret lalu, durian dari Desa Gandasoli juga menempati urutan pertama dan kedua. Hal itu memperlihatkan bahwa desa yang satu itu memiliki potensi besar untuk pengembangan taman botani dan konservasi durian.

Selain mengembangkan konservasi durian, Tim Pengmas FMIPA UI bersama Yayasan Pandu Cendekia dan BUMDes juga mempersiapkan lahan sebesar 5 hektar untuk kawasan arboretum. Yang mana nantinya akan didorong sebagai kawasan wisata terpadu dengan konsep homestay.

Lebih lanjut, Kepala Desa Gandasoli, Saeban menanggapi, adanya program ini dirasa sangat membantu warga desa untuk mendapatkan penghasilan lebih, di luar kesehariannya sebagai petani dan buruh ladang.

"Harapannya dengan mengembangkan akwasan arboretum serta wisata terpadu ini dapat menciptakan program yang berkelanjutan bagi masyarakat," paparnya.

Foto: ui.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler