Ruas Tol di Lampung Ini Jadi yang Terpanjang Loh

Bandung - TemanBaik pasti tahu kan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah beberapa kali meresmikan jalan tol sejak menjabat pada 2014. Pada Jumat (15/11/2019), Jokowi kembali meresmikan jalan tol, tepatnya Trans-Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di gerbang tol KM 240, Kabupaten Mesuji. Uniknya, ruas tol ini adalah yang terpanjang loh.

"Tol dari ruas Pematang Panggang sampai Kayu Agung ini sepanjang totalnya 189 kilometer. Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan," kata Jokowi dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Ruas tol itu pun enggak akan berhenti sampai di situ saja. Ke depan, pembangunannya akan dilanjutkan sehingga tol yang ada bakal lebih panjang. "Kita harapkan nanti akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang dan dari Palembang ke Betung di Banyuasin," ungkap Jokowi.

Bahkan, harapannya jalan itu itu nantinya akan nyambung dari Lampung hingga ke Aceh. Jika ini terwujud, panjangnya akan sangat luar biasa. Pembangunannya ditargetkan selesai dalam beberapa tahun ke depan.

"Kita harapkan nanti dari Lampung menuju ke atas sampai di Aceh kita perkirakan insya Allah di 2024 sepanjang 2.700 kilometer akan bisa kita selesaikan," tuturnya.

Jokowi lalu memaparkan alasan dibangunnya jalan tol tersebut. Akan ada banyak manfaat yang didapat, mulai dari untuk menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru hingga menciptakan perbaikan jaringan logistik. Hadirnya jalan tol pun diharapkan dimanfaatkan oleh para kepala daerah setempat agar bisa terkoneksi ke berbagai titik pertumbuhan ekonomi.

"Saya tadi sampaikan ke gubernur, bupati, dan wali kota (untuk) menyambungkan ke kawasan-kawasan wisata, ke sentra-sentra produksi perikanan, perkebunan, pertanian, sehingga muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Termasuk juga ke zona-zona industri, semuanya. Ini tugasnya gubernur, bupati, wali kota ke sana. Kalau enggak mampu, ya pusat lagi," jelas Jokowi.

Sementara itu, target tersambung ruas tol dari Terbanggi Besar, Pematang Panggang, Kayu Agung, hingga Palembang diharapkan tercapai pada akhir 2019. Setelah tersambung, waktu tempuh Bakauheni-Palembang sepanjang 365 kilometer hanya akan butuh 4-6 jam saja. Sementara sebelumnya harus ditempuh antara 10-12 jam.

Foto: dokumentasi Biro Pers Setpres RI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler