Bali Bakal Kebut Pembangunan 3 Bendungan di 2020

Denpasar - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan tiga dermaga di Bali selesai pada 2020. Tiga dermaga tersebut adalah dermaga Sanur, dermaga Nusa Penida, dan dermaga Nusa Lembongan.

"Proses pengerjaannya akan dimulai pada Februari 2020 dan ditargetkan selesai akhir tahun 2020," ujar Budi saat meninjau proyek pengembangan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat (15/11/2019).

Diharapkan 3 bendungan ini akan semakin mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata. Pasalnya tiga titik di dermaga ini merupakan segitiga emas Pulau Bali yang menghubungkan Sanur dengan pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan. Pulau-pulau ini merupakan gugus pulau yang terletak di tenggara Pulau Bali.

Selama beberapa tahun belakangan ini, kepulauan ini semakin populer sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi. "Pembangunan dermaga menjadi sangat dibutuhkan untuk mengakomodir jumlah wisatawan di Bali yang semakin bertambah," ujarnya lagi.

Ia menambahkan selain untuk pariwisata, dermaga ini juga dibutuhkan untuk menunjang kepentingan masyarakat setempat menuju pulau-pulau ini utamanya saat pelaksanaan upacara keagamaan.

Terkait pembiayaan, saat kunjungan ke Bali pada Juli lalu dia menjelaskan, dana yang berasal dari APBN akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar. "Pembangunan infrastruktur tambahannya akan dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) agar dapat dikelola lebih profesional," katanya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler