Gelar IIBS, ITS Serius Garap Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Bandung - Dikenal sebagai perguruan tinggi yang aktif menghasilkan pakar dengan keahlian dan kompetensi di berbagai bidang keilmuan dan teknologi, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) bersama Ikatan Alumni ITS menggelar International ITS Business Summit (IIBS) 2019 pada Kamis (14/11/2019) di Ballroom Shangri-La Hotel Jakarta.

Pada tahun ini, IIBS mengangkat tema Embracing New Government Policy on Renewable Energy and Related Industrial Sectors towards Sustainable Environmental Developments.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IKA ITS, Dr Ir Dwi Soetjipto MM mengatakan tema ini dipilih karena sejalan dengan kebijakan dari pemerintah Indonesia yang serius concern dalam bidang energi baru terbarukan (EBT) ini.

IIBS diharapkan dapat menarik para investor untuk dapat berkontribusi dalam upaya-upaya investasi di bidang energi terbarukan di Indonesia.

"Pada IIBS ini, hasilnya nanti juga dapat dijadikan bahan oleh ITS dalam mengambil langkah-langkah guna memberikan kontribusi di bidang renewable energy mau pun meningkatkan investasi di Indonesia, serta memberikan masukan pada pemerintah Indonesia," katanya di laman its.ac.id.

Pria yang menjabat sebagai Kepala SKK Migas ini juga mengungkapkan jika Indonesia selama 20 tahun ini tidak menemukan cadangan-cadangan migas yang besar. Itu sebabnya kenapa produksi dan lifting oil and gas di Indonesia mengalami penurunan.

“Hal itu tidak bisa dihindari, kecuali kita bisa memperlambat penurunan tersebut. Oleh karena itu, riset dalam bidang EBT ini sangat penting untuk terus dikembangkan di Indonesia,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari M. Eng menjelaskan IIBS adalah wadah yang bagus untuk membahas tentang EBT secara bersama dalam skala nasional. Dirinya yakin masih banyak teknologi-teknologi yang bisa dieksplor untuk menyelesaikan masalah energi.

“ITS siap untuk terus melakukan riset dan pengembangan teknologi guna dapat memberikan solusi terbaik untuk Indonesia di bidang energi ini,” terang guru besar Teknik Elektro ini.

Ke depan, alumni-alumni yang dihasilkan oleh ITS ini diharapkan dapat lebih memberikan dampak secara langsung bagi Indonesia. Terutama dalam menyiapkan lulusannya agar bisa menghadapi tantangan perkembangan zaman yang semakin pesat setiap tahunnya.


Foto: Dok. Humas ITS/its.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler