Alasan Periksa Kesehatan Jangan Tunggu Sakit Dulu

Bandung - TemanBaik, kamu wajib meningkatkan kewasapadaan ya agar tak terkena penyakit. Penyakit sendiri terbagi dua, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Dalam beberapa tahun, penyakit tidak menular justru trennya mengalami kenaikan.

Apa sih penyakit tidak menular itu? Penyakit tidak menular jelas adalah penyakit yang diderita bukan karena tertular dari orang lain. Penyebabnya bisa karena faktor keturunan hingga gaya hidup.

Di kota-kota besar, penyakit tidak menular ini pengidapnya terus meningkat. Di Kota Bandung misalnya, 10 besar penyakit yang dialami warga adalah penyakit tidak menular.

"Penyakit tidak menular ini jadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Contoh terbanyak yang ditangani di puskesmas dan rumah sakit di Bandung seperti hipertensi, dibetes melitus, obesitas, dan juga beberapa penyakit keganasan (contohnya kanker)," ujar Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bandung Yorisa Sativa.

Selain itu, penyakit tidak menular lainnya di antaranya kolesterol dan asam urat. Jika kamu sudah mengidap penyakit-penyakit ini, percaya deh enggak enak. Karena itu, penting untuk melakukan pencegahan sebelum terjangkit penyakit-penyakit tersebut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin. Enggak perlu jauh-jauh kok, kamu bisa melakukannya di puskesmas yang tentunya dekat dengan rumah kamu.

"Kita enggak akan tahu punya penyakit itu kalau kita enggak diperiksa," kata Yorisa.

Kenapa harus diperiksa sebelum sakit? Sebab, bisa saja kamu memiliki penyakit itu tapi kamu enggak sadar. Misalnya karena gejala penyakit itu belum terlihat atau terasa. Karena itu, paling minimal 6 bulan sekali kamu sebaiknya memeriksa kesehatan. Jangan tunggu sampai sakit dulu ya!

Jika ternyata diketahui kamu mengidap penyakit tidak menular, dokter akan menyarankan berbagai hal. Sehingga, penyakit kamu akan diobati lebih dini. Tapi, jika kamu tidak mengidap penyakit, kamu tetap harus waspada ya.

Kamu disarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Yang paling baik tentu rutin berolahraga. Tapi, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang membuat fisikmu bergerak. Untuk perempuan misalnya mengepel, membereskan isi rumah, atau aktivitas lain. Atau bagi para pria yang memiliki anak, mengajak si kecil bermain yang membuat fisik bergerak juga bagus kok.

"Berikutnya kita harus menjaga makan dan minum dengan gizi yang seimbang," ungkap Yorisa.

Selanjutnya, tentu jalankan pola hidup bersih dan sehat. Jika semua ini dijalankan, risiko terjangkit penyakit tidak menular bisa diminimalisir. Kalaupun sudah terlanjur terjangkit, kamu bisa mencegahnya agar enggak semakin parah.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler