Mengenal Udang Cantik dari Sulawesi yang Terancam Punah

Bandung - Indonesia memiliki banyak spesies satwa yang unik. Salah satunya adalah spesies udang Caridina Woltereckae. Udang ini merupakan satwa endemik Sulawesi. Mirisnya, udang dengan corak yang cantik ini justru terancam punah.

TemanBaik ingin tahu lebih banyak soal si cantik ini? Udang ini ditemukan Daisy di Danau Towuti, Sulawesi Selatan pada 2009 silam. Ada yang menarik dibalik pemberian nama ilmiah Harlequin Caridina Woltereckae.

"Caridina adalah nama genus, sedangkan nama spesies Woltereckae adalah penghormatan untuk jasa peneliti udang-udangan, Eva Woltereck," kata peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Daisy Wowor di laman resmi LIPI.

Kenapa sih udang ini terancam punah? Itu karena udang ini memiliki tampilan yang menarik. Sehingga, udang ini banyak diburu untuk dijadikan peliharaan. "Perpaduan coraknya yang cantik dengan dominasi merah marun dan putih menjadikan spesies ini banyak diburu oleh para pedagang ikan hias," ujar Daisy.

Baca Ini Juga Yuk: Perhatikan Hal Ini Ya Supaya Hewan Peliharaan Panjang Umur

Tahu sendiri kan TemanBaik jika udang ini sudah ada di tangan pedagang ikan hias? Ujung-ujungnya pasti dijual dan bakal dipelihara pehobi. Padahal, perilaku ini akan membuat udang ini kelak benar-benar punah.

Jadi, bagi pedagang maupun penyuka udang ini, sebaiknya hindari deh untuk memelihara udang cantik ini. Biarkan mereka tetap lestari di alamnya agar ekosistem tak terganggu.

Faktanya, udang ini bahkan sudah dikategorikan ke dalam daftar merah spesies yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Natura (IUCN). "Selain faktor manusia, banyaknya ikan invasif yang ada dan memburuknya kualitas habitat danau semakin memperparah kondisi keberadaan udang hias endemik ini," jelas Daisy.

Sementara itu, LIPI selaku otoritas ilmiah pemberian data dan timbangan ilmiah konservasi keanekaragaman hayati, sudah mengambil langkah 'penyadaran' kepada publik.

LIPI menjadikan udang ini sebagai salah satu seri perangko satwa nusantara dalam rangka peringatan 125 tahun Museum Zoologi Bogor beberapa waktu lalu. Harapan besarnya, publik semakin peduli terhadap keberadaan udang ini dan turut melestarikannya.


Foto: dokumentasi LIPI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler