Layanan Gawat Darurat di Bandung Kini Bisa Pakai BEAS

Bandung - Warga Kota Bandung kini dipermudah jika membutuhkan layanan kesehatan kegawatdaruratan. Selain melalui call center 119, kini hadir Bandung Application Support (BEAS). Apa sih istimewanya aplikasi yang baru diluncurkan di Pendopo Kota Bandung pada Selasa (26/11/2019) ini? Simak ulasannya yuk!

Melalui aplikasi ini, TemanBaik bisa dengan mudah menghubungi petugas kesehatan jika butuh penanganan darurat di bidang kesehatan. Kamu juga bisa tahu pergerakan petugas dan ambulans yang sedang menuju lokasi. Bahkan, berapa menit lagi petugas tiba bisa diketahui.

"Kita ingin pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan itu lebih cepat," kata Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Dengan aplikasi BEAS, petugas juga akan lebih mudah menuju lokasi pasien yang perlu penanganan darurat. Mereka tak akan lagi kesulitan mencari lokasi karena alamat di aplikasi bakal lebih akurat.

"Sejauh ini, respon time kami 30 menit. Dengan adanya aplikasi ini, insya Allah respon time-nya akan lebih cepat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita.

Sementara meski kini hadir aplikasi BEAS, call center 119 tetap akan berfungsi. Sehingga, warga akan mendapat dua opsi untuk menghubungi petugas kesehatan saat butuh penanganan darurat.

Call center 119 sendiri menurut Rita sangat banyak digunakan. Dalam sebulan, rata-rata ada sekitar 2.000 orang yang menggunakannya. Sehingga, wajar jika kadang warga kesulitan untuk menghubungi 119.

Untuk pelayanan kegawatdaruratan sendiri, ada sejumlah fasilitas yang dihadirkan, mulai dari belasan mobil ambulans, 17 ambulans sepeda motor, hingga empat ambulans sepeda. Petugas akan menyesuaikan akan datang ke lokasi pasien dengan kendaraan mana.

Rita pun menyarankan agar aplikasi ini diunduh para pemilik smartphone, terutama warga Kota Bandung. Sehingga, saat sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu bisa dengan mudah menggunakan aplikasi BEAS melalui smartphone.

Jika ingin mengunduh aplikasi ini, kamu tinggal memasukkan kata kunci Dinas Kesehatan Kota Bandung di Play Store. Setelah itu, akan muncul aplikasi BEAS Bandung dan tinggal mengunduhnya. Setelah itu, isi data diri dan BEAS siap digunakan sewaktu-waktu.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler