Rumah Zakat Bikin Pesantren Gratis untuk Tunanetra di Bogor

Bandung - Kabar baik datang bagi para penyandang tunanetra, terutama yang tinggal di Bogor. Sebab, kini hadir Pesantren Tunanetra Cahaya Quran di Jalan Raya Warungborong, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Pesantren ini didirikan Rumah Zakat dan diresmikan pada 3 Desember 2019.

Didirikannya pesantren ini adalah untuk jadi sarana pendidikan bagi tunanetra. Sebab, tidak semua orang tua yang anaknya tunanetra memiliki kemampuan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB).

Di Pesantren Tunanetra Cahaya Quran, pendidikan bisa ditempuh secara gratis. Bahkan, di sini terdapat asrama untuk tempat tinggal para santrinya.

"Pesantren ini didirikan untuk para anak yatim yang berkebutuhan khusus. Mereka juga berhak mendapatkan pendidikan," kata perwakilan Rumah Zakat Iwan Tri Suliawan dalam siaran pers yang diterima BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Serunya Saat Tunanetra Berkumpul dan Berkarya Bareng Lewat Baraya

Hadirnya pesantren ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para anak tunanetra. Sehingga, mereka bisa mendapatkan ilmu dan beragam keterampilan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

"Diharapkan Pesantren Tunanetra Cahaya Quran ini bisa menjadi solusi dan tempat bagi mereka yang ingin belajar," jelas Iwan.

Selain pesantren tersebut, menurutnya Rumah Zakat sudah melakukan beberapa hal yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas. Salah satunya adalah memberikan modal usaha dan pembinaan ekonomi berkelanjutan bagi mereka.

"Sejak tahun 2017, di Desa Berdaya Muja Muju Yogyakarta (Rumah Zakat) telah membina 26 disabilitas untuk mengembangkan usahanya. Di Pekanbaru juga kami membina para penyandang disabilitas dengan memberikan pelatihan menjahit," ucapnya.

"Selain itu, bersama Nussa Official, Rumah Zakat juga menginisasi program Nussa Bisa berupa penggalangan dana untuk kaki palsu," pungkas Iwan.


Foto: dokumentasi Rumah Zakat


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler