Ternyata Ini Penyebab Air PDAM di Bandung Jadi Keruh

Bandung - Para pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung mungkin heran melihat air yang mengalir ke rumah kini menjadi keruh. Ternyata ada beberapa fakta yang harus TemanBaik tahu terkait kejadian keruhnya air ini.

Ternyata pada Minggu (8/12/2019) pukul 01.30 WIB terjadi banjir bandang di sumber air baku PDAM Tirtawening Kota Bandung di wilayah Bandung Selatan. Hal ini mengakibatkan longsoran lumpur pekat terbawa ke dalam intake Cikalong.

Akibat kejadian ini instalasi PDAM Tirtawening Kota Bandung tidak dapat mengolah air dengan kekeruhan tinggi di atas standar. Tingkat kekeruhan air baku meningkat tajam hingga 7000 NTU dengan debit normal.

Namun PDAM sigap mengendalikan situasi. Pukul 03.00 WIB dini hari, kualitas air mulai dapat dikendalikan dan berangsur pulih hingga pukul 04.00 kualitas air dapat mencapai standar kualitas yang dipersyaratkan yaitu maksimum 5 NTU.

Adapun saat ini wilayah yang terdampak berdasarkan laporan petugas di wilayah timur yaitu daerah kircon, hantap, antapani, margahayu raya, padasuka, cicadas, cibeunying, cibangkong , gatsu dan sekitarnya. Untuk wilayah barat yang terdampak daerah teluk buyung, pagarsih, cibaduyut dan sekitarnya.

Untuk mengantisipasi atas terjadinya gangguan kekeruhan tersebut pdam tirtawening siap memberikan bantuan kepada pelanggan pdam tirtawening dengan telah menyiapkan 17 armada tangki air untuk pelanggan yang terdampak dengan koordinasi dengan petugas wilayah pelayanan terkait.



Foto dokumentasi PDAM Tirtawening Kota Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler