Ajarkan Anak Berani Menolak 4 Ajakan Ini

TemanBaik, khususnya para orang tua yang memiliki anak kecil, kamu sebaiknya mengajarkan mereka untuk bisa melindungi diri. Tujuannya jangan sampai mereka jadi korban kejahatan, pelecehan, atau kekerasan seksual.

Ajarkan anak untuk menolak ajakan atau paksaan dalam empat hal ini ya, apa saja? Pertama, ajarkan anak jangan mau jika diperlihatkan gambar atau video telanjang oleh orang dewasa. Beri mereka pemahaman bahwa hal itu tidak boleh dan tidak baik untuk dilakukan.

Kedua, jangan mau jika diminta membuka baju di depan orang lain. Dengan cara halus atau kasar, permintaan ini wajib ditolak. Ketiga, tolak juga jika orang lain memaksa memegang badan si kecil. Terakhir, jangan mau jika orang lain memperlihatkan alat kelaminnya di depan anak.

Jika anak pasrah atau menurut jika diminta empat hal tersebut, dikhawatirkan dia akan jadi korban pelecehan atau bahkan kekerasan seksual. Sebagai orang tua, pasti enggak mau kan itu sampai terjadi pada si kecil?

Baca Ini Juga Yuk: Anak Warisi Gen Pencemas dari Orang Tua? Ini Solusinya

Ajarkan juga si kecil untuk berani menolak. Ajarkan anak untuk lebih baik lari ke tempat aman dan berteriak minta tolong jika diminta melakukan hal-hal tersebut. Tapi, menumbuhkan keberanian ini jelas bukan hal mudah. Orang tua perlu berkali-kali mengulang mengajarkan ini agar mereka paham dan berani jika suatu saat mendapat perlakuan tersebut.

"Makanya orang tua setiap punya kesempatan harus mengingatkan terus pada anak-anaknya soal hal ini," ujar Manajer SDM Women's Crisis Center Pasundan Durebang Clif Edward Kasakean.

Kenapa sih pengajaran ini harus terus diulang? Ya, namanya juga anak kecil, belum tentu mereka paham jika hanya sekali diajarkan. Karena itu, penting untuk sering-sering mengulang agar apa yang ditanamkan benar-benar dipahami dan dilakukan anak.

Ia pun menyarankan agar orang tua melatih anaknya dalam memberikan perlawanan, berlari ke tempat aman dan berteriak minta tolong. Sehingga, saat anak berada dalam situasi 'terancam', dia bisa tenang harus melakukan apa.

"Cara sederhananya menanamkan ini memang harus latihan (selain diberikan pemahaman). Orang tua harus mengajarkan agar anak-anaknya berani, jadi ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi mereka akan berani," jelas Clif.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler