Perhatikan Hal-hal Ini Jika Ingin Naik Bus Ya!

Bandung - TemanBaik ada yang suka bepergian naik bus? Atau kamu ingin liburan dan pergi ke tujuan dengan naik bus? Jika iya, kamu wajib menyimak ulasan di bawah ini nih!

Penguji penyelia Dinas Perhubungan Kota Bandung Dede Agus memberi tips bus seperti apa yang aman digunakan. Yang pertama adalah adanya stiker lolos pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat alias ramcek dari Kemenhub.

"Tandanya kalau bus sudah diuji dan lolos, itu ada stiker dari Kemenhub di kaca bagian depan sebelah kiri," kata Dede kepada BeritaBaik.id.

Selanjutnya, kamu bisa melihat fisik kendaraan, mulai dari bodi, ban, hingga bagian dalam bus. Secara fisik bakal kelihatan kok biasanya apakah fisik kendaraan ini bagus atau tidak.

Berikutnya, pastikan ada alat pemecah kaca di dalam bus. Ini adalah perlengkapan yang wajib ada. Sebab, alat ini digunakan untuk memecahkan kaca agar jadi pintu keluar darurat jika terjadi hal tak diinginkan.

Baca Ini Juga Yuk: Segera Beroperasi, BRT Jadi Wajah Baru Transportasi Cirebon

"Alat pemecah kaca ini harus ada (di dinding bus). Kenapa harus ada? Kalau terjadi accident, kaca harus bisa dipecahkan untuk pintu darurat dengan alat ini. Setiap bus itu harusnya ada enam alat pemecah kaca, masing-masing dua di depan, tengah, dan belakang bus," jelas Dede.

Terakhir, pastikan ada alat pemadam api ringan (APAR) di dalam bus. Alat ini juga wajib ada agar saat ada api di dalam bus bisa segera dipadamkan. Dalam satu bus, harusnya ada dua APAR.

Sudah tahu kan TemanBaik seperti apa bus yang aman kamu gunakan? Pastikan hal-hal di atas terpenuhi ya. Tujuannya agar perjalanan kamu lebih aman dan nyaman. Bahkan, ketika terjadi hal yang tak diinginkan, risiko terburuk akan bisa diminimalisir.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler