Ini Tips Agar Kebagian Naik Bus Bandros Saat Musim Liburan

Bandung - TemanBaik tahu kan jika Kota Bandung adalah salah satu destinasi favorit untuk wisatawan untuk berkunjung? Hal ini juga pasti terjadi saat musim libur Natal dan tahun baru ini. Itu karena banyak tempat wisata dan beragam hal menarik di Bandung. Salah satu yang diprediksi jadi buruan wisatawan adalah menaiki Bandung Tour on Bus alias Bandros.

Bus berkonsep terbuka ini akan membawa kamu menjelajahi berbagai tempat menarik di Kota Bandung. Sejak diluncurkan beberapa tahun lalu, Bandros sudah jadi ikon baru wisata Bandung. Mungkin enggak lengkap rasanya jika berwisata ke Bandung tapi belum naik Bandros.

Tapi, jika TemanBaik ingin naik Bandros saat musim liburan ini, harap bersabar ya. Sebab, sebelum masa liburan pun Bandros selalu diminati wisatawan maupun warga Bandung. Tak jarang mereka harus menunggu antrean. Bahkan, ada yang rela menunggu berjam-jam demi bisa merasakan sensasi naik Bandros.

Pada musim liburan kali ini, peminat Bandros diperkirakan akan lebih membeludak dari biasanya. Jika ini terjadi, maka kamu yang ingin naik Bandros harus punya kesabaran dan taktik tersendiri loh. Tapi, ada trik mudahnya kok.

"Di masa liburan ini kita tidak memberlakukan sistem khusus bagi yang ingin naik Bandros, tetap seperti biasa saja. Tapi, disarankan datang lebih awal saja untuk memesan tiketnya ke petugas," kata Kepala Seksi Manajemen Angkutan Dishub Kota Bandung Iya Sunarya.

Baca Ini Juga Yuk: Perhatikan Hal-hal Ini Jika Ingin Naik Bus Ya!

Jika kamu datang dan langsung memesan tiket Bandros, kamu beruntung jika bisa mendapatkannya. Sebab, antrean biasanya cukup banyak. Jika ini terjadi, kamu enggak akan kebagian deh naik Bandros. Jadi, datang lebih pagi untuk memesan tiket dari jadwal operasional sangat disarankan.

Jika kamu datang secara rombongan, reservasi dulu deh beberapa hari sebelum kamu datang ke Bandung. Tentukan jadwal kapan kamu ingin menaikinya bersama rombongan. Bandros sendiri saat ini ada lima trayek. Untuk rute dan informasi lengkapnya, kamu bisa cek di akun Instagram @bus.bandros. Soal tarif, tenang, enggak ada kenaikan kok saat musim liburan ini.

"Tarifnya tetap, per orang Rp20 ribu. Enggak ada kenaikan karena tarifnya sudah diatur di perwal (peraturan wali kota)," jelas Iya.

Jam operasional Bandros sendiri adalah dari pukul 08.00-16.00 WIB. Sekali jalan, Bandros biasanya menempuh perjalanan dengan durasi 1,5-2 jam. Karena armada yang terbatas, wajar deh jika kamu harus giliran dengan penumpang lain.

Nah, jika kamu ternyata masuk daftar tunggu, kamu sebaiknya tanyakan pada petugas pukul berapa kira-kira kamu kebagian naik. Jadi, kamu bisa mengisi waktu dengan berjalan-jalan atau melakukan kegiatan lain dulu untuk menunggu giliran naik Bandros.

Tapi, catatannya, jangan sampai kamu terlambat datang ke titik pemberangkatan ya. Sebab, jika saat dipanggil petugas Bandros tapi kamu enggak ada, siap-siap deh jatah kamu naik 'disalip' orang lain yang ada di lokasi.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler