Ridwan Kamil Usulkan Pangandaran Jadi Tempat Budidaya Lobster

Pangandaran - TemanBaik tahu enggak jika saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan sedang mencari lokasi untuk budidaya lobster? Hal ini direspons positif oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia mengusulkan Pantai Pangandaran untuk dijadikan lokasi budidaya lobster tersebut.

Ada pertimbangan matang loh TemanBaik kenapa pria yang akrab disapa Emil itu mengusulkan Pantai Pangandaran. Sebab kawasan tersebut dinilai paling cocok untuk tempat budidaya lobster.

"Kan lobster itu dia butuh suhu, butuh ekosistem yang nyaman. Nyamannya tuh di Pangandaran dan garis pantainya masih luas," kata Emil kepada BeritaBaik beberpa waktu lalu.

Selain Pangandaran, ia memandang kawasan Pantai Selatan lainnya juga cocok untuk dijadikan lokasi budidaya lobster. Ia pun menyebut dua opsi lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Nikmati Keindahan Alam di Bendung Kamijoro Yogyakarta Yuk!

"Kalau boleh, saya mengusulkan Pantai Selatan. Bisa Pangandaran, Bisa Pelabuhan Ratu (Sukabumi), atau Garut Selatan. Menurut saya kalau itu ada, saya tawarkan ke Pak Menteri (Kelautan dan Perikanan)," jelas Emil.

Pemerintah sendiri saat ini terus berupaya agar benih lobster bisa dibudidayakan di dalam negeri. Pemerintah pusat pun sudah memetakan daerah yang berpotensi untuk pengembangan benuh lobster tersebut.

Sejauh ini, tempat pembesaran benih lobster baru ada di beberapa wilayah, di antaranya Nusa Tenggara Barat, Lampung, dan Sulawesi Tenggara. Tapi, perlu kajian lebih lanjut agar pemilihan lokasi pembibitan lainnya bisa berjalan mulus.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler