Ini Alasan Orang Tua Harus 'Nyambung' dengan Anak

Bandung - TemanBaik, khususnya kamu yang sudah memiliki anak, tahu enggak jika ternyata bisa 'nyambung' dengan anak sangat penting? 'Nyambung' seperti apa sih yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ya!

Sebagai contoh, anak-anak muda sekarang banyak yang gemar dengan musik K-Pop kan? Terbayang enggak bagaimana orang tua jika diajak ngobrol anaknya soal K-Pop? Mungkin ada orang tua yang mengernyitkan dahi dan ujung-ujungnya tak bisa 'nyambung' berbincang dengan sang anak.

Pada akhirnya, si anak bakal merasa tak punya teman yang asyik untuk ngobrol di rumah. Apalagi jika dalam perbincangan hal-hal lain orang tua juga tak nyambung. Akibatnya, tidak menutup kemungkinan si anak lebih senang berbincang dengan orang lain yang merasa bisa 'nyambung'. Secara perlahan, tanpa disadari, kedekatan orang tua dan anak pun akan terkikis.

Menurut Manajer Shelter Women's Crisis Center (WCC) Pasundan Durebang Karmila, sangat penting mengetahui hal-hal yang disukai anak. Sehingga, orang tua dan anak bisa 'nyambung' saat berbincang. Cara itu akan membuat anak menganggap orang tua bisa menjadi teman atau sahabatnya.

Baca Ini Juga Yuk: Nilai Pelajaran Anak Kurang Bagus? Begini Sebaiknya Sikap Ortu

"Kita sebagai orang tua harus belajar tentang dunia yang disenangi mereka supaya bisa komunikasi," kata Karmila kepada BeritaBaik.id.

Komunikasi yang baik ujung-ujungnya akan membuat orang tua dan anak semakin dekat. Sehingga, anak akan terbuka dengan orang tuanya saat menghadapi berbagai hal. Bahkan, ketika anak mengalami hal negatif yang tak diinginkan, orang tua akan jadi tempat curhat, diskusi, hingga mencari solusi.

"Ketika anak ada persoalan, kita bisa cari jalan keluar terbaik bersama-sama," ungkapnya.

Manfaat lainnya, Jika orang tua dekat dengan anaknya, beragam nasihat akan lebih mudah diterima. Apalagi jika orang tua punya gaya komunikasi yang enak diterima oleh sang anak. Hal-hal negatif yang berpotensi dilakukan anak pun bisa dicegah sedini mungkin.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler