Perhatikan! Pelanggaran Ini Sering Terjadi di Traffic Light

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika di area pertigaan, perempatan, atau persimpangan yang terdapat traffic light kamu enggak boleh belok kiri langsung? Hal ini sering tak disadari oleh pengguna lalu lintas.

Padahal, berdasarkan aturan, pengendara tidak boleh belok kiri langsung jika lampu merah di traffic light sedang menyala. Lampu merah yang menyala jadi penanda tegas kamu harus berhenti, enggak boleh terus melaju maupun belok.

Tapi, di berbagai titik masih kerap terjadi loh, pengendara langsung belok kiri meski lampu merah sudah menyala. Sementara pengendara jarang berbelok ke kanan karena jaraknya biasanya cukup jauh dibanding belok kiri.

Baca Ini Juga Yuk: Rambu-rambu Lalu Lintas yang Jarang Diketahui Padahal Penting

Menurut Kepala Seksi Manajemen Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bandung Iya Sunarya, pengendara harusnya memahami aturan lalu lintas. Bahkan, aturan tak boleh belok kiri langsung di traffic light adalah hal mendasar.

"Ketika sudah memiliki SIM, masyarakat harusnya tahu belok kiri (di traffic light) itu harus mengikuti rambu," kata Iya.

Tapi, ada juga loh titik yang diperbolehkan bagi pengendara untuk belok kiri langsung tanpa mengikuti traffic light. Biasanya, lokasi seperti ini akan diberi rambu bertuliskan 'Belok Kiri Langsung'. Jika ada rambu ini, boleh deh kamu langsung belok.

Jika enggak ada rambu ini, taati aturan ya. Pastikan kamu belok setelah traffic light menyala berwarna hijau. Risikonya, jika melanggar, kamu akan terkena sanksi saat ada polisi berupa tilang.


Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler