Jalan Sudirman di Yogyakarta Disulap Jadi Kawasan Pedestrian

Yogyakarta - Yogyakarta sekarang miliki pedestrian. Setelah pedestrian Suroto, kini giliran pedestrian Sudirman yang baru saja Diluncurkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta pada Senin (30/12/2019).

Pedestrian sepanjang 1.200 meter ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Pedestrian Sudirman dilengkapi dengan 31 bangku.

Kawasan Jalan Jenderal Sudirman sendiri letaknya tidak jauh dari Tugu Pal Putih, yang merupakan kawasan bisnis di jantung kota Yogyakarta. Sehingga diharapkan pedestrian ini menjadi alternatif setelah Malioboro.

"Pedestrian yang awalnya hanya selebar 2.4 meter ini, kini setelah bersolek diperluas 100 persen sehingga menjadi 4.2 meter. Agar para pejalan kaki bisa lebih leluasa saat melintas disini,” ucap Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti melalui laman jogjakota.ac.id.

Selain mempercantik wajah kota dengan desain instagramable, pedestrian sepanjang 700 meter di sisi selatan dan 500 meter di sisi utara ini juga tampil maksimal, karena sudah memakai sistem ducting dalam penataan kabel telekomunikasi.

“Sistem ducting ini untuk menata kabel telekomunikasi berhasil kita lakukan tanpa ada somasi, ini bentuk kerjasama terbaik di Indonesia antara pemerintah dengan asosiasi pegusaha jasa internet,” jelas Haryadi.

Dengan sistem ducting, pendestrian Jalan Sudirman bebas dari lalu lalang kabel yang melintas sehingga pedestrian ini tampil lebih rapi dan tidak menyibukkan mata.

“Setelah Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Tugu Pal Putih juga akan kami bebaskan dari kabel, semua kabel akan dirapikan dengan sistem ducting,” paparnya berencana.

Selain itu, Haryadi juga mencatat kelengkapan yang nantinya akan ditambahkan yakni kamera CCTV dan bangku yang dirasa masih kurang.

“Untuk keamanan dan ketertiban akan dipasang CCTV dan bagi para pelaku usaha di kawasan ini silakan saja kalau ingin menyediakan bangku supaya bisa lebih banyak lagi," bebernya.

Foto: Dok. Humas Yogyakarta

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler