Catatan Prestasi Jawa Barat di Bidang Olahraga Sepanjang 2019

Bandung - Jawa Barat pada 2019 menuai banyak prestasi manis di bidang olahraga. Salah satunya adalah Persib Bandung Putri yang berhasil menjuarai Liga 1 Putri 2019 pada Sabtu (28/12/2019). Bonus pun diberikan Pemprov Jawa Barat sebagai apresiasi. Bonus diberikan di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, pada Senin (30/12/2019) malam.

"Kami memberikan uang kadeudeuh Rp500 juta kepada Persib Putri yang berhasil menjuarai Liga 1 Putri Nasional. Oleh karena itu kita berikan apresiasi dan mudah-mudahan semangatnya menular kepada tim profesional utamanya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id, Selasa (31/12/2019).

PS Tira Persikabo Kartini yang jadi lawan Persib Putri di partai final juga diberikan bonus. Pencapaian mereka dinilai luar biasa. Sehingga, Persib dan Tira Persikabo bisa mewujudkan All Jabar Final.

"Yang kedua, karena runner up juga dari Jawa Barat, tentulah kita apresiasi juga Tira Persikabo Kartini yang kita beri apresiasi Rp150 juta," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Yang menarik, meski di final Liga 1 Putri pemain kedua tim bertarung, sebagian dari mereka kelak akan dipersatukan dalam satu tim. Sebab, Jawa Barat akan mengirimkan timnya untuk bertarung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

"Di PON 2020 nanti, mereka akan bergabung, (pemain) yang terbaik di Tira Persikabo digabung dengan Persib Putri, makan akan jadi tim utama dalam sepak bola putri di PON Papua," jelas Emil.

Sementara selain berjaya di Liga 1 Putri, Jawa Barat juga sukses mencetak banyak prestasi melalui atletnya. Yang cukup bergengsi tentu raihan medali di SEA Games 2019 lalu. Hampir 50 persen dari medali yang diraih kontingen Indonesia diraih oleh atlet asal Jawa Barat.

Di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019, Jawa Barat mencatatkan diri sebagai juara umum. Gelar serupa juga diraih kontingen asal Jawa Barat pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri 2019. Masih belum cukup loh TemanBaik, Jawa Barat pun menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Nasional (POSPENAS) 2019.

Terima kasih diucapkan Emil kepada seluruh atlet, pelatih, dan official atas capaian yang sudah diraih. Pencapaian yang ada dinilai luar biasa dan jadi contoh pengelolaan olahraga yang apik.

"(Prestasi) ini akan melengkapi puncak dari prestasi olahraga. Orang Jawa Barat juara-juara olahraganya, dari mulai pelajarnya, pesatrennya, madrasahnya, Korpri-nya, dan lain-lain," tuturnya.

"Kami bangga karena kalimat Jabar Juara itu mendapatkan maknanya. Jadi, saya sebagai Gubernur sangat bahagia, sangat bangga. Mudah-mudahan berita ini bisa viral supaya mengimbangi kehausan informasi positif untuk melawan hal-hal yang kurang positif," ujar Emil.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Engkus Sutisna mengatakan salah satu kunci sukses prestasi di biang olahraga itu adalah proses pembinaan. Hal itu ditunjang dengan sarana olahraga yang ada.

Ia pun menegaskan bahwa bukan hanya Persib Putri dan Tira Persikabo Kartini saja yang diapresiasi serta diberikan bonus. Banyak atlet yang sudah mendapat bonus dan diberikan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) beberapa waktu lalu. Total uang yang diberikan mencapai Rp1,6 miliar.

"Adapun untuk para atlet Pospenas dan peraih prestasi medali SEA Games akan diberikan uang kadeudeuh pada tahun anggaran 2020 yang dijadwalkan sekitar bulan Februari," pungkas Engkus.

Foto: dokumentasi Humas Jawa Barat


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler