Ini Risiko Jika Kamu Membunuh Ular yang Kamu Temukan

Bandung - Sampai saat ini ular masih ada saja yang ditemukan di pemukiman warga. Ada ular yang akhirnya bisa ditangkap, tapi ada juga yang berakhir dibunuh oleh warga. Nah, jika TemanBaik menemukan ular, jangan langsung membunuhnya ya. Mau tahu alasannya?

Menurut pemerhati ular Andi Yudha Asfandiyar, wajar jika warga membunuh ular yang ditemuinya. Sebab, rasa takut yang dimiliki tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang ular. Ujungnya, ular pun menemui ajal dengan berbagai cara, baik dipukul menggunakan kayu hingga badannya ditebas dengan golok.

Membunuh ular dengan cara seperti mungkin akan membuat warga merasa tenang karena ularnya mati. Tapi, ada bahaya lain yang mengancam loh TemanBaik. Apalagi jika yang dibunuh adalah ular berbisa.

"Ketika melihat ular, jangan langsung dibunuh. Karena membunuh ular itu juga ada tekniknya. Yang dikhawatirkan adalah ada kantong bisa yang bisa pecah," kata Andi.

Kantong bisa ular biasanya berada di sekitar area kepala. Jika kantong dari bisa ular itu pecah, bisa berpotensi menyebar ke mana-mana. Jika bisa terkena kulit yang terdapat luka, tubuh kamu akan mengalami reaksi seperti usai digigit ular berbisa.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Jenis Ular Berbahaya Selain Kobra dan Tips Menghadapinya

Bahkan, bisa ular yang berceceran itu akan mengkristal dengan ukuran sangat kecil. Jika pada akhirnya terhirup oleh manusia. "Ketika terhirup, dia (yang menghirup kristal bisa ular) akan keracunan," ungkapnya.

Cara terbaik jika menemukan ular adalah menangkapnya. Jika tak bisa menangkapnya sendiri, minta bantuan sama ahlinya ya TemanBaik. Jika akhirnya ular itu dibunuh, baik oleh kamu atau orang lain, lakukan langkah lain ya.

Ular yang terbunuh sebaiknya segera dipindahkan dan dikubur. Selain itu, bersihkan sisa darah dan bisa ular yang berceceran di lokasi. Perhatikan betul-betul ya, usahakan jangan ada area yang luput dibersihkan.

Saat membersihkan lantai atau area tempat ular dibunuh, usahakan jangan sampai ada bagian tubuh yang terkena darah atau bisanya ya. Setelah itu, bersihkan area sekitar dengan alkohol. Berikutnya, bersihkan juga menggunakan sabun dan air. Intinya, pastikan area tempat ular dibunuh benar-benar bersih.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler