Pentingnya Memeriksa Instalasi Listrik buat Cegah Korsleting

Bandung - TemanBaik, kamu tahu kapan instalasi listrik kamu diperiksa? Kenapa juga harus diperiksa ya? Hal ini penting dan wajib kamu lakukan loh. Simak ulasan lengkapnya yuk!

Menurut Kabid Operasi Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra, kebakaran mayoritas disebabkan oleh korsleting arus listrik. Penyebab korsleting juga macam-macam, bisa karena kabel yang sudah rusak, rapuh, pemasangan yang tidak tepat.

"Hampir 75 persen dari kasus kebakaran itu diduga karena korsleting listrik," kata Kurnia, Senin (6/1/2020).

Instalasi listrik sendiri biasanya tidak terlalu diperhatikan. Tapi, saat korsleting terjadi, dampaknya akan sangat hebat. Banyak rumah atau bangunan yang akhirnya terbakar, termasuk menghanguskan harta benda di dalamnya.

Baca Ini Juga Yuk: Musim Hujan Tiba, Periksa Instalasi Listrik di Rumah Yuk!

Bagian yang paling sering terlupakan biasanya di area atap. Sebab, di area ini biasanya bikin penghuni rumah malas untuk mengeceknya. Apalagi jika areanya sulit dijangkau.

Mulai sekarang sebaiknya kamu memeriksa instalasi listrik di rumah ya. Tapi, jangan diperiksa sendiri. Mintalah bantuan pada petugas PLN. Sehingga, proses pengecekan bisa dilakukan secara detail.

"Instalasi listrik harus diperiksa, standar dari PLN itu 5-10 tahun sekali. Apalagi yang terletak di bagian atap, itu kan enggak kelihatan (jika rusak)," jelas Kurnia.

Jika ternyata petugas PLN menyarankan ada penggantian kabel atau perlengkapan lainnya, sebaiknya ikuti saja ya. Sebab, petugas PLN pasti sudah punya perhitungan dan bisa menentukan apakah instalasi listrik wajib diganti atau tidak.


Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler