Diskar Jadi Solusi Warga yang Sulit Lepaskan Cincin di Jari

Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung punya berbagai keahlian. Mereka mampu menjinakkan api, menangkap berbagai hewan liar dan buas, membantu penanganan bencana, menyelam, memanjat, serta berbagai kemampuan lainnya. Bisa dibilang, apapun masalah warga bisa dituntaskan jika menghubungi Diskar PB.

"Yang belum bisa kita tangani itu bencana rumah tangga dan api asmara," kelakar Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra.

Dari berbagai keahlian yang dimiliki, salah satu yang kini sangat diandalkan warga Bandung pada petugas Diskar PB adalah melepaskan cincin. Lho, kok melepaskan cincin? Belakangan kejadian seperti ini marak terjadi. Biasanya, cincin tak bisa dilepas karena jari pemakainya membesar seiring bertambahnya berat badan.

Jika ini terjadi, cincin ujung-ujungnya enggak bisa dilepaskan. Bahkan, dalam kasus yang lebih parah, jari pemakainya bisa bengkak. Itu karena cincin sudah terlalu sempit hingga menghambat peredaran darah pada jari.

Menurut Kurnia, selama kurun 2019 tercatat ada 14 orang yang melapor ke Diskar PB karena tak bisa melepaskan cincin. Akhirnya, semua berhasil ditangani, cincin bisa dilepaskan dari jari. Jumlah ini, adalah yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kenapa sih kini petugas Diskar PB jadi spesialis pelepas cincin? Hal itu bermula sekitar dua tahun lalu ada warga yang datang ke Kantor Diskar PB karena cincinnya tak bisa dilepas. Saat itu, warga tersebut disarankan datang ke sana oleh petugas di salah satu rumah sakit di Bandung.

Kurnia pun heran kenapa warga itu justru disarankan ke Diskar PB oleh pihak rumah sakit. Ia menduga hal itu karena Diskar PB dikenal memiliki petugas yang serba bisa. Fakta itu pun benar adanya meski petugas mendapatkan kemampuan secara otodidak hingga melihat tayangan dari Youtube.

"Setelah kejadian itu, akhirnya orang-orang jadi pada tahu (petugas Diskar PB bisa melepaskan cincin)," ungkap Kurnia.

Proses pelepasan cincin bisanya dilakukan dengan berbagai teknik. Proses pelepasan hanya butuh waktu beberapa menit. Selain di Kantor Diskar PB Kota Bandung, petugas juga siap datang ke rumah korban jika memang tak memungkinkan datang ke kantor.

"Tahun kemarin ada kejadian lansia yang enggak bisa lepas cincinnya. Orangnya juga lumpuh. Jadi kita yang datang ke rumahnya karena orangnya enggak mungkin dibawa ke sini," tutur Kurnia.

TemanBaik, sebaiknya kamu hati-hati ya jika menggunakan cincin. Jika mulai agak 'seret' dikeluarkan dari jari, sebaiknya lepaskan atau ganti dengan cincin berukuran lebih besar ya. Jika dipaksakan dipakai, kamu harus siap-siap dengan risiko cincinnya enggak lepas.

Mungkin ada yang takut melepas cincin karena merupakan cincin nikah atau pemberian dari pasangan. Sebaiknya komunikasikan dengan baik ya daripada ujung-ujungnya cincin enggak bisa lepas dan bikin jarimu sakit.

Jika butuh bantuan Diskar PB, kamu datang saja ke kantornya di Jalan Sukabumi, Kota Bandung. Atau, kamu bisa menghubungi melalui nomor telepon (022) 113.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler