Cerita Unik Tasya Kamila Jadi Duta Lingkungan

Bandung - TemanBaik tahu enggak jika penyanyi Tasya Kamila adalah Duta Lingkungan sejak 2005. Ia didaulat mengemban peran itu oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selama jadi Duta Lingkungan, banyak banget loh perjalanan menarik yang dijalani Tasya keliling Indonesia.

Selama berkeliling ke berbagai daerah, penyanyi yang terkenal dengan lagu 'Libur Telah Tiba' ini banyak bertemu masyarakat. Ia mengapresiasi masyarakat hingga melakukan sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan.

"Sebenarnya banyak banget hal berkesan. Tapi yang paling unik kalau ada acara seremoni biasanya ramai yang minta foto," kata Tasya.

Dalam salah satu kegiatan, ada momentum unik. Pernah ada warga yang meminta foto dengannya. Saking ramainya, warga pun ada yang tanpa sadar meminta orang lain untuk memotretnya bersama Tasya. Tebak, siapa yang diminta memotret? Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya! Seperti apa respons sang Menteri?

"Ada sekali waktu, saking ramainya yang minta foto, justru Ibu Menterinya yang disuruh fotoin aku gitu (oleh warga). Ternyata Menterinya juga ramah ya terhadap masyarakat sampai mau motoin. Padahal beliau menteri loh," tutur Tasya.

Baca Ini Juga Yuk: Kota Malang Luncurkan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen

Sementara sebagai Duta Lingkungan, Tasya mengakui ada tantangan besar yang dihadapi. Sebab, bukan hal mudah mengemban peran tersebut. Ia harus bisa menularkan semangat positif agar warga mau menjaga lingkungan.

"Tentunya (tantangannya) sih mengubah pola perilaku masyarakat ya, yang tadinya hanya memikirkan kepraktisan dan juga keuntungan ekonomi, untuk kita ajak sama-sama peduli terhadap lingkungan," ucapnya.

"Karena dampak-dampak (kerusakan) lingkungan itu mungkin enggak akan terasa langsung. Tapi, aksi-aksi kolektif kita yang mungkin enggak ramah lingkungan, enggak peduli sama penghijauan, enggak peduli sama sampah, yang gitu-gitu aksi kolektifnya akan berdampak buruk pada (kerusakan lingkungan) negara kita," jelas Tasya.

Meski tak mudah dilakukan, ia berusaha membangun kesadaran itu di masyarakat. Sebab, ia sadar betul kesadaran masyarakat tidak bisa dilakukan secara cepat. Butuh waktu bagi mereka untuk paham.

"Tantangan paling besarnya sih ya aku dari tahun 2005 sampai sekarang jadi Duta Lingkungan kerjaanya itu sosialisasi mengingatkan masyarakat. Karena meningkatkan awareness itu enggak bisa dilakukan secara instan," pungkas Tasya.


Foto: Instagram.com/tasyakamila

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler